Home > pengalaman, renungan > Tafsir Surat Al-Lail 1-3

Tafsir Surat Al-Lail 1-3

Membaca kitap tafsir memang bisa menambah khasanah keilmuan kita sehingga kita bisa lebih bisa memahami dan menghayati kandungan dan isi Al-Qur’an. Namun kebanyakan kitap tafsir menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh orang awam. Akan tetapi saya mendapatkan kesan berbeda ketika membaca Tafsir Al-Qur’an Kontemporer karya Ust. Aam Amiruddin, M.Si, ulasan dan isinya lugas dan mudah dimengerti sehingga mudah dipahami oleh siapapun.

Misalnya ketika beliau menguraikan maksud dari Surat Al – Lail ayat 1-3 sbb :

Demi malam apabila menutupi (cahaya siang)(1), dan siang apabila terang benderang(2), dan penciptaan laki – laki dan perempuan(3).

Manusia merupakan makhluk yang terikat oleh waktu siang dan malam. Baik pria dan wanita sama saja di hadapan Allah swt, yagpenting mereka mampu mengisi waktu siang dan malamnya dengan berbagai amal saleh yang akan bermakna bagi kehidupannya.

Kualitas seseorang ditentukan oleh seberapa mampu mengisi siang dan malmanya dengan beragam amal saleh. Baik pria dan wanita diberi waktu yang sama dalam sehari semalam, yakni 24 jam. Yang terpenting bagaimana kita mengisinya? Kalau hidup ingin bermakna, isilah siang dan malam kita dengan empat kegiatan sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut :

“Seyogyanya orang yang berakal membagi waktunya dalam empat kegiatan : Ada waktu untuk muhasabah (introspeksi diri), ada waktu untuk tafakur (merenung atau berpikir), ada waktu untuk munajat (berdoa dan beribadah) dan ada waktu untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti makan, minum dan beristirahat.” (H.R. Ahmad)

Dalam mengisi waktu, Allah swt akan menilai proses suatu kegiatan bukan hasilnya. Ketika kuliah kita tidak disuruh lulus dengan yudisium cumlaude,namun disuruh belajar dengan sungguh – sungguh. Kita tidak disuruh kaya, namun diperintah untuk bekerja keras dalam mencari nafkah.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: