Home > pengalaman > Memahami Makna Operasi Hitungan

Memahami Makna Operasi Hitungan

Suatu hari saya mengikuti sebuah seminar. Ada satu hal yang menarik dalam seminar tersebut. Ketika itu sang Narasumber meminta para Audience untuk memikirkan satu angka dalam pikiran masing – masing (saya saat itu memikirkan angka 10).
Kemudian angka tersebut dikalikan 2 (10 x 2 = 20),
setelah itu tambahkan angka 6 (20 + 6 = 26),
setelah itu dibagi 2 (26 : 2 = 13),
kemudian kurangi dengan angka yang anda pikirkan tadi (13- 10 = 3).
Kemudian sang Narasumber menanyakan ke beberapa audience angka yang dipikirkan dan hasil akhirnya. Ada yang memikrkan angka 25, 100, 70, 55, dsb. Tetapi anehnya hasil akhirnya sama yaitu 3. Saya yang penasaran mencoba lagi dengan angka lain dan ternyata hasilnya sama yaitu 3 .
Ku tak sabar menanti penjelasan dari Narasumber tersebut tentang arti semua ini, tetapi dia malah ngasih “PR”  dan meminta untuk menemukan makna dari operasi hitungan tersebut dengan cara masing – masing. Maka akupun  menanyakan makna dari operasi hitungan tersebut pada orang – orang yang kukenal, ternyata jawaban masing – masing orang berbeda tergantung pemahaman dan kepentingan masing – masing.
Orang 1 (seorang pengajar di SMP) dia menjawab :
“ Maksudnya adalah apapun asal – usul kamu, atau apapun status sosial kamu asalkan kamu mau belajar dengan rajin dan sungguh – sungguh maka kamu bisa menjadi seorang yang pandai.’
Orang 2 (seoarang pedagang) dia menjawab ;
“ Apapun dagangan kamu mau beras, sayur, sembako, alat –alat pertanian atau apapun tetapi jika anda jujur, ulet, dan rajin bekerja maka kamu tetap bisa sukses.”
Orang 3 (seorang Leader MLM) dia menjawab dengan penuh semangat seperti sedang memotivasi para downlinenya :
“ Apapun latar belakang anda baik petani, guru, tentara, dokter, tukang cukur, pemulung atau apa pun anda tetapi jika anada menjalankan bisnis ini dengan benar dan mengikuti sistem maka hasilnya sukses akan anda raih. Ingat, ikuti sistem dan jangan keluar dari sistem atau hasilnya akan berbeda (maksudnya hasilnya bukan 3)”
Orang 4 (seorang karyawan kontrak yang sudah hampir 5 tahun belum juga diangkat menjadi karyawan tetap) dia menjawab dengan agak emosi :
“ Serajin apapun kita bekerja dan sebaik apapun hasil yang kita capai, tetapi bagi perusahaan kita tetaplah karyawan kontrak. Kalau terjadi sesuatu dengan perusaahan dan harus ada pengurangan karyawan maka kita – kita ini yang akan jadi tumbal utama. Mana mungkin perusahaan bersusah payah mengeluarkan pesangon untuk memecat karyawan tetap.” (Setelah itu dia kelihatan bersedih, matanya tampak berkaca – kaca). Aku pun jadi agak menyesal telah bertanya padanya. Ternyata pengabdian dan penantiannya selama ini menjadi bom waktu dan menunggu ledakan ketika dia bisa mengungkapkan perasaannya. Semoga aja atasannya bisa lebih bijaksana dan mengusahakan mengangkatannya.
Itulah beberapa jawaban dari orang – orang yang kukenal, anda pun mungkin mempunyai jawaban sendiri.
Categories: pengalaman Tags: , ,
  1. June 3, 2011 at 8:19 PM

    pertamanya gan😀

  2. June 3, 2011 at 9:08 PM

    Maknanya bagi saya adalah jangan mudah tertipu dengan pernak-pernik atau sesuatu yang kelihatannya nampak. Kek dlam operasi hitung ini.Kita disibukkan dengan kali, jumlah, tambah, bagi, dan kurang. Padahal sejatinya kita hanya melakukan dua kali hitungan yakni langkah ke-3 (+6) dan ke-4 (:2). seandainya +6 diganti 4 hasilnya pasti akan dua. seandainya +6 diganti +8 hasilnya pasti akan selalu 4.>>>Nitip pesan buat semua:Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya.

  3. June 3, 2011 at 10:03 PM

    @ Fonega : thanks salam kenal@ Alamendah : benar juga gan pendapat anda, thanks undangannya moga aku bisa berpartisipasi

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: