Home > renungan > Marilah Kita Jaga lingkungan Kita dengan Membuang sampah pada tempatnya

Marilah Kita Jaga lingkungan Kita dengan Membuang sampah pada tempatnya

Setelah membaca artikel di Alamendah’s Blog saya jadi termotivasi untuk membuat artikel tentang lingkungan hidup. Saya pun sepulang kerja langsung jalan – jalan mencari inspirasi. Akhirnya sampailah aku pada lobang selokan sebagaimana gambar di atas.
Dulunya lobang selokan ini tertutup besi semacam teralis untuk mencegah masuknya orang yang tidak diinginkan seperti maling dsb ke dalam pabrik tetapi saya kaget ketika melihat lubang ini tidak utuh lagi. Awalnya saya berpikir ini merupakan ulah orang yang lagi butuh uang dan menjual besi – besi ini secara kiloan sebagaimana nasib baut – baut jembatan Suramadu, tetapi pikiran saya berubah ketika seseorang memberitahuku bahwa ketika banjir, sampah yang hanyut terbawa air sering tersangkut pada besi – besi tersebut dan akhirnya menyumbat lubang itu sehingga air meluap dan membanjiri pumukiman warga. Maka tak ada jalan lain selain memperlancar aliran air dan seperti itulah nasib teralis itu sekarang [ompong]🙂 Yach lagi – lagi yang sampah  yang jadi masalah di kota ini.
Benarkah apa yang dilakukan warga tersebut?
Menurut saya kegiatan merusak seperti itu bukanlah solusi tepat, selain merugikan orang lain (dalam hal ini pihak pabrik) juga membuktikan bahwa mereka enggan menyelesaikan masalah sampai akar – akarnya. Masalah sebenarnya adalah orang – orang enggan membuang sampah pada tempatnya. Yang musti dirubah adalah perangai masyarakat tersebut agar lebih peduli terhadap lingkungan. Buanglah sampah pada tempatnya. Ayolah kita mulai dari diri sendiri dan kita ajak juga orang lain untuk melakukannya. Selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup. Semoga hari esok lebih baik. Amieeen
baca  juga artikel ini :
  1. June 4, 2011 at 9:13 PM

    Terima kasih telah menjawab “Tantangan untuk Para Blogger”.Setuju banget. Akar permasalahannya bukan pada teralis besi melainkan sampah. Seharusnya itu yang dibenahi bukan sekedar membuang teralis besi yang justru pada akhirnya membahayakan warga sendiri.>>>Nitip pesan buat semua:Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya (alamendah.wordpress.com/2011/06/03/tantangan-untuk-para-blogger-indonesia/)

  2. June 5, 2011 at 8:06 AM

    Hiii… hii… mungkin karena itu sudah dianggap tempat sampah maka kegiatan tersebut dibenarkansalam dari pamekasan madura

  3. June 5, 2011 at 8:37 AM

    @all : thanks atas kunjungannyasalam kenal juga

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: