Home > renungan > Fokuslah !!!

Fokuslah !!!

Pada waktu kecil dulu bibi saya mengatakan padaku “ Dalam hidup kamu haruslah fokus supaya kamu menjadi seorang yang ahli dan profesional, karena banyak orang sukses karena dia fokus pada bidang yang digelutinya.” Pertanyaannya sudahkah saya mengamalkan nasehat tersebut? Tampaknya belum sepenuhnya kujalani.
Saya adalah seorang dengan basic keahlian peternakan, ketika lulus sekolah saya berkesempatan mencari pengalaman dengan bekerja di peternakan di Bandung. Awalnya sih pengennya aku kerja cari pengalaman sambil nyari modal kemudian nantinya bisa mendirikan usaha sendiri. Namun baru sampai tengah jalan aku sudah tergoda untuk beralih ke hal yang lain. Mungkin karena darah pramuka atau jiwa militer yang selama ini tertanam dalam diri membuatku ingin masuk menjadi anggota TNI AD. Setelah gagal masuk TNI AD saya mencoba beralih ke perusahaan air minum di Surabaya dan kemudian jiwa petualangku membisikkan sesuatu kepadaku ‘Kayaknya asyik kalau jadi pelaut, bisa keliling dunia menaklukkan laut dan samudra yang ganas, dsb’. Namun sekali lagi aku gagal.
Baca sana – sini akhirnya aku menemukan lowongan pekerjaan di sebuah Warnet. “wah asyik nih bisa kerja sambil belajar komputer biar nggak gaptek gitu” Aku berhasil masuk dan diterima. Namun di sana aku nggak bisa berbuat banyak karena basic-ku peternakan  dan komputer masih merupakan sesuatu yang asing bagiku (perlu anda ketahui bahwa saya ngerti komputer cuma dikit, ketika dulu sekolah di SMK saat itu terdapat pelajaran komputer selama 2 jam dalam 1 minggu dan itu pun hanya ada 1 komputer untuk 1 kelas yang berjumlah 23 anak. Dan ternyata pelajaran komputer hanya diajarkan saat kelas 1 dan kelas 3 itupun lebih banyak teori karena hanya untuk menghadapi ujian). Maka tak heran saya lebih banyak bergelut dengan hal – hal yang kasar seperti bersih – bersih sampah, abu rokok dll yang ada di warnet atau bikin mie instan pas lagi banyak pesanan, sedang urusan hardware software dan baongkar pasang komputer sudah menjadi tugas senior saya yang lebih ahli.
Keluar dari warnet saya memilih kembali lagi ke peternakan di bandung karena kutahu peternakan adalah basic-ku dan jiwaku. Segala sesuatu akan lebih menyenangkan jika melakukan pekerjaan sesuai keahliannya dan apa yang disukainya.
Nah berdasarkan pengalaman saya, mungkin saya akan lebih sukses andaikata lebih fokus, ternyata belajar banyak hal justru membuat saya jadi serba tidak bisa, kalaupun bisa itupun kemampuan yang tanggung.
Tetapi apalah artinya berandai – andai, hidup adalah apa yang kita hadapi sekarang buat apa menyesali hari kemarin yang tidak akan bisa kita kembali lagi. Sekian postingan kali ini moga bermanfaat.
  1. July 13, 2011 at 8:04 AM

    benar sekali, ambil passion kita, belajar banyak hal bagus, tapi tetap kita pasti punya passion buat hidup kita😀

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: