Home > pengalaman > Cerita di Balik Seleksi Paskibra 2004

Cerita di Balik Seleksi Paskibra 2004

Dua sampai tiga bulan menjelang bulan agustus biasa diadakan seleksi paskibra, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten hingga tingkat provinsi. Saya pun jadi teringat kenangan 7 tahun lalu. Ketika itu (april 2004) saya dipercaya mewakili sekolah untuk ikut seleksi Paskibra di tingkat Kabupaten. Sesuatu yang menurutku agak aneh. Kenapa aneh?
Oke kita flash back sebentar ke tahun sebelumnya (2003). Pada tahun 2003 sekolah ku mendapat giliran mengirimkan petugas untuk menjadi pasukan pengibar bendera di kecamatan. 72 siswa yang terpilih akhirnya bertugas menjadi pasukan pengibar bendera dan saya saat itu tidak termasuk di dalamnya. Nah di sinilah letak keanehannya, saya yang ditingkat kecamatan saja tereliminasi bagaimana di tingkat kabupaten? Anah khan?

Oke kita lanjut ceritanya. Ketika itu saya harus bersaing dengan para wakil dari SMA lain. Salah satunya berasal dari SMA Taruna Nusantara Mertoyudan. Dalam seleksi tersebut ditetapkan beberapa syarat yaitu Berat badan harus ideal, tidak bertato dan bertindik, lancar berbahasa indonesia, gigi harus bersih dan rapi, dan harus bisa melakukan salah satu bentuk kesenian daerah. Selain itu juga dilakukan serangkaian tes antara lain : tes PBB, tes mengibarkan bendera, tes kesenian dan tes lari.
Singkat cerita seleksipun dilakukan, dari awal hingga akhir. Dari kesemua tes tersebut saya hanya bisa unggul dari wakil SMA Taruna Nusantara dalam hal lari 12 menit. Saya mampu lari 12 ¾ putaran sedangkan dia mampu 12 kali putaran. Tetappi itupun dengan sedikikt curang (hehe peace J). Bagaimana bisa curang? Ketika itu saya hanya punya satu sepatu (itupun sepatu kulit). So mana mungkin sepatu kulit digunakan untuk lari? Bisa dibayangkan akibatnya. Maka saya pun ijin untuk tes lari tanpa sepatu. Nah di sinilah letak kecurangannya kaki yang tidak bersepatu jelas lebih ringan beberapa ons dibanding yang bersepatu (itu satu), kemudian yang kedua, saat itu tes lari merupakan tes yang paling akhir dan hari sudah siang. Aspal saat itu sangt panas, sehingga saya yang nggak pake sepatu lari kayak kesetanan untuk menghindari panasnya aspal.
Akhirnya semua nilai dikalkulasikan dan sebagai juara pertama dan berhak ikut seleksi di tingkat provinsi adalah wakil dari SMA Taruna Nusantara, sedang saya cukup puas di urutan kedua (nggak apa – apa kalah sama wakil TN kan wajar).
Selain itu aku juga ketemu temen saya saat di SMP. Dia juga ikut dalam seleksi tersebut (yakni sdr Mas’ud). Dia wakil dari SMA N 1 Dukun dan berada di peringkat 3. Sedangkan nun jauh di jogja sana temen SMP saya yang lain berhasil melaju hingga tingkat Nasional mewakili provinsi DIY.
Sekian ceritaku terima kasih.
  1. June 8, 2011 at 9:56 AM

    wuih jago banget mas, 12 menit bisa lari sebanyak itu putarannya, saya 12 menit paling cuma 4 putaran lapang sepak bola. itu cuma abis lari langsung pingsan. haha

  2. June 8, 2011 at 12:56 PM

    Hoho masnya curang ih😛.

  3. June 8, 2011 at 5:00 PM

    @zulfi : saya sekarang mungkin dah nggak sekuat dulu lagi@agung : nggak apa2 ama panitianya boleh kok

  4. June 8, 2011 at 7:15 PM

    Aku tidak pernah jadi anggota tim paskibraka. Bagaimana bisa gabung pada tim tsb sementara tinggi dan berat badanku tak ideal. Dan yang pasti aku juga nggak terlalu ambisi untuk ikutan itu

  5. June 8, 2011 at 7:39 PM

    kita syukuri aja apa yang telah diberikan-Nya kepada kita. Semua pasti punya kelebihan masing – masing

  6. June 8, 2011 at 8:02 PM

    Wah hebat banget tuh lari keliling lapangan sampek 12 putaran gak capek salut untuk anda

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

