Home > Tips > TIPS AGAR TIDAK KEPLANTRANG (KELEWAT) KETIKA NAIK BUS

TIPS AGAR TIDAK KEPLANTRANG (KELEWAT) KETIKA NAIK BUS

Salah salah satu alat transportasi yang sering dipakai di Indonesia adalah bus. Banyak kota yang bisa capai dengan naik bus termasuk kota tujuan di luar pulau sana.
Namun kadang karena berbagai kondisi dan situasi tak jarang kita keplantrang (kelewat) ketika naik bus. Kita yang seharusnya turun di kota A justru turun di kota B. Seperti pengalaman yang pernah saya alami. Ada dua catatan saya dalam hal keplantrang (kelewat) ketika naik bus yang bisa dikatakan terjauh (wah bisa masuk record nih).
Yang pertama adalah ketika saya naik bus dari Surabaya mau ke tuban untuk liburan ke Goa Akbar. Saat itu saya naik bus jurusan semarang dan berniat turun di kota tujuan saya yakni tuban. Diawal perjalanan saya begitu menikmati jalur yang dilalui dilewati. Saya terus saja memandangi pemandangan lewat jendela bus. Namun tak terasa lama – lama saya mengantuk dan akhirnya tertidur. 
Ketika saya bangun saya pun bertanya kepada penumpang di sebelah saya,
 “Pak, ini sudah sampai mana ya?” tanya saya.
Bapak itu menjawab : “ini sudah sampai sekitar Tambak Royo”
Aku pun kaget “ Ya Allah, aku telah kelewat dari tujuan”
Saya pun meminta pak sopir menghentikan bus dan saya pun segera turun. Aku lihat dari peta (kebetulan saya bawa peta) ternyata aku telah melewati 2 kecamatan setelah tuban yakni Kecamatan Jenu dan Merakurak. Terpaksa deh saya naik bus lagi ke arah yang berlawanan.
Pengalaman yang kedua ketika saya berangkat dari Muntilan mau ke cirebon. Kebetulan saya dapat bus jurusan Jakarta. Saat itu bus berangkat sore hari. Sampai di terminal magelang bus berhenti dan aku pun turun sekalian melaksanakan sholat maghrib dan isya di jama’. Habis itu bus berangkat lagi. Tak sampai 10 menit bus berjalan saya sudah tertidur karena capek siang tadi bantu – bantu ortu panen jagung.
Bus pun terus melaju dan aku terlelap dalam tidurku, sampai akhirnya saya bangun dan karena belum pernah ke Cirebon saya pun bertanya pada kernet. “Udah sampai Cirebon belum pak?” “Wah Cirebon sih udah lewat dari tadi, mas ketiduran ya?” kata kernet itu. “Ya udah saya turun sini aja” kata saya. Kulihat di papan berwarna hijau di atas jalan “Cirebon – 40 KM”. Saya pun berpikir jauh juga ya saya kelewat dari tujuan, tetapi akhirnya saya berpositif thingking “yach nggak apa – apa lah masih untung nggak sampai Jakarta”.
Nah itulah pengalamanku dalam hal keplantrang (kelewat), seseorang harus bisa belajar dari pemngalamannya, maka kali ini ijinkan saya membagikan tips –tips agar tidak kelewat saat naik bus (khususnya bagi saya pribadi tentunya, hehe)
1. Jika naik bus, naiklah bus dengan tujuan akhir Kota yang ingin kita tuju. Jadi walaupun tertidur kita telah sampai tujuan akhir, biasanya kernet akan memberi tahu para penumpang bahwa telah sampai tujuan akhir.
Misal : Kita ingin ke Surabaya maka naiklah Bus dengan tujuan akhir Surabaya.
2. Jika ingin bepergian jangan pergi sendiri, jadi walaupun ngantuk bisa tidur gantian yang satu tidur dan yang satu lihat jalan dan begitu sebaliknya. Atau dengan pergi berdua maka akan ada temen mengobrol sehingga tidak tertidur.
3. Jika akan bepergian biasakan istirahat dulu yang cukup agar tidak terlalu capek dan tertidur di perjalanan.
4. Pasanglah alarm dengan perkiraan waktu jam berapa kira – kira kita akan sampai tujuan. Misalnya kita berangkat jam 5 dan perkiraan lama perjalanan 7 jam maka pasanglah alarm jam 12.
5. Ketika perjalanan carilah hiburan agar tidak bosen dan tertidur. Anda tentu tahu kesenangan dan hiburan masing – masing yang menurut anda menarik.
Begitulah tips – tips saya kali ini semoga bermanfaat
Categories: Tips
  1. June 9, 2011 at 12:21 PM

    Baca novel, biar nggak ketiduran.. :)Tapi aku nggak pernah sih mengalami keplantrang😀

  2. June 9, 2011 at 2:05 PM

    pake weker aja bang, ntar dibangunin orang satu bis, gara-gara marah, ahahahahahayyyyy

  3. June 9, 2011 at 2:18 PM

    @mbak dewi : usul yang bagus mbak@oen – oen : wah bisa2 malah diturunin sebelum sampai tujuan hehe

  4. June 9, 2011 at 10:24 PM

    penumpang seng ngangge jenggot lek naik bus jurusan jombang insaalloh ndak ditarik lo mas….

  5. June 10, 2011 at 8:01 AM

    menurut saya sih telponan😀

  6. June 10, 2011 at 11:00 AM

    Sambil blogwalking pake hape! Hehe..Menyapa para sahabat tanpa rasa jenuh..🙂

  7. June 10, 2011 at 3:31 PM

    belum pernah tuh kelewatan karena tidur soalnya gak pernah tidur di perjalanan kecuali emang udah malam waktu tidur atau ketika badan kurang sehat

  8. June 11, 2011 at 8:01 PM

    @segawon : wah bisa ngirit nich untung punya jenggot hehe@ichsan : bisa juga tuch tapi takut ngganggu penumpang lain@bu lili : thanks uslnya@horiz : ya kadang tergantung kondisi juga

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

