Home > mitos > ANTARA BOROBUDUR DAN VERONA

ANTARA BOROBUDUR DAN VERONA

Apakah anda pernah datang ke Candi Borobudur? Ya sebuah candi yang berada di Kabupaten Magelang ini merupakan salah satu warisan budaya Indonesia bahkan dunia. Kadang orang mengira bahwa candi ini berada di jogja tapi nggak apa – apa lah mungkin mereka nggak tahu.
Pada postingan kali ini kita akan membahas hubungan antara Borobudur dengan Verona. Pada kedua tempat tersebut terdapat sebuah mitos atau kepercayaan yang nggak tahu dari mana sumbernya. Meski kalau dipikir – pikir nggak masuk akal ternyata banyak orang yang melakukannya.

Stupa Candi Borobudur
Pertama kita akan membahas mitos yang ada di Candi Borobudur. Di sana terdapat stupa – stupa  berlubang yang di tengahnya terdapat patung (lihat gambar di atas). Nah katanya siapa yang dapat menyentuh “kemaluan” dari patung tersebut dia akan kaya. Maka saya pun sering melihat ada orang merogoh – rogoh ke dalam stupa – stupa tersebut. Entah mereka cuma iseng, kurang kerjaan, atau percaya bahwa mereka bisa kaya dengan menyentuh kemaluan patung tersebut. Bahkan tak jarang turis dari mancanegara juga melakukannya. Mungkin ini pengaruh provokasi para tour guide yang mengiringi mereka.
Lama saya berpikir untuk memehami hal ini. Kira – kira apa hubungannya menyentuh kemaluan patung dengan menjadi kaya. Nah saya pun mencoba berpositif thingking kepada para leluhur atau siapapun yang pertama menyampaikan mitos atau berita tersebut. Bahwa yang dimaksud kalau bisa menyentuh kemaluan patung tersebut bisa kaya itu bukan dalam sebenarnya tetapi arti kiasan. Nah mari kita jelaskan sedikit.
Patung tersebut terletak agak tengah dan perlu usaha ekstra untuk mencapainya, ini berarti siapa yang mau berusaha dengan keras serta pantang menyerah (dalam bekerja) maka dia bisa menjadi kaya. Itu mungkin pikiran logis yang bisa kita terima.
Patung Juliette
Tak kalah menarik adalah yang terjadi di kota Verona. Di sana terdapat sebuah patung perunggu seorang cewek bernama Juliette. Juliette merupakan salah satu toko dalam cerita Romeo dan Juliette. Orang – orang percaya bahwa jika hubungan cinta ingin langgeng maka pasangan harus mengusap dada kanan patung tersebut. Aku emang belum pernah ke sana tapi saya pernah melihat gambarnya dalam sebuah buku. Patung juliet yang digambarkan sedang bermuram durja kelihatan semakin merana. Ribuan bahkan Jutaan tangan telah menggasak dada kanan patung cewek tersebut. Tak ayal dada kanan Juliete terlebih mengkilap dibanding bagian lain.
Saya belum paham arti filosofis maupun pikiran logis yang bisa kita terima dalam hal mengusap dada patung juliette dengan langgengnya cinta. Mungkin anda bisa menjelaskannya.
Sekian posting kali ini semoga bermanfaat.
referensi gambar :
  1. June 16, 2011 at 5:22 AM

    Kunjungan dipagi hari untuk sahabat untuk memberitahukan dengan segala kerendahan hati Ejawantah’s Blog menghantarkan Blogger Award 2011 secara bergulir kepada sahabat, dan Award dapat diambil di http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/06/menerima-menebar-harta-karun-dari-dunia.htm. Dan selamat pagi sahabat semua, selamat bergembira, dan tetaplah semangat. Sukses selalu.SalamEjawantah's Blog

  2. June 16, 2011 at 6:08 AM

    verona daerah mana yaah.??

  3. June 16, 2011 at 6:17 AM

    @pak Indra : terima kasih awardnya@service : verona tuch daerah Italy

  4. June 16, 2011 at 8:37 AM

    maybe g ada cleaning servicenya boz, jadi dengan begitu patungnya tetap bersih, ahahahaha

  5. June 16, 2011 at 11:09 AM

    Hmm, dada kanan ya? Kalau kiri, kenapa? *ngeyel*

  6. June 16, 2011 at 12:43 PM

    Mitos nya agak Porno juga ya? masa utk kaya harus menyentuh ” Kemaluan “, meskipun itu patung.. Begitu juga yang di Verona, harus menyentuh ” Dada Kanan “… Mengenai Candi Borobudur, konon nya, Candi Borobodur aslinya tidak yang sperti sekarang ini, konon nya Dulu Candi Borobudur kecil, dan tertimpa oleh tanah krna gempa, pas ketika penjajahan jaman belanda, candi tersebut di bangun lagi oleh Arsitek dari Belanda, dan di perlebar seperti sekrang ini.. itu seh menurut info yg ane dapat🙂

  7. June 16, 2011 at 12:51 PM

    kok mitosnay menjurus ke porno gitu yah hihiii

  8. June 16, 2011 at 12:59 PM

    @un-un : ada kok cleaning servicenya cuma lagi libur@isnuansa : yang kiri khusus buat Romeo mas hehe@Eel : Wah mustinya blog ini ada keterangan 17+ ya@Brigadir : namanya juga mitos mas kadang aneh2

  9. June 16, 2011 at 5:30 PM

    Oooh…jadi begitu ya, nanti aku fotoin kalo besok2 ke Verona ya mas Jier *halah*

  10. June 16, 2011 at 5:37 PM

    dua benda yang belum pernah saya liat langsung..ckck

  11. June 16, 2011 at 5:47 PM

    @Mbak Orin : ya mbak tak tunggu hehe@tukang : lihat aja bang gambarnya dulu tuch di atas

  12. June 16, 2011 at 7:25 PM

    baru tau patung juliet dibegituin oleh orang-orang

  13. June 16, 2011 at 9:35 PM

    @andre : iya mas, kasian ya.

  14. January 31, 2012 at 9:20 AM

    mgkin krna patungnya lg murung, jadi harus bersabar, tabah, dan terima keadaan, seperti halnya kita jika ada masalah harus tabah dg mengusap dada. .😀

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: