Home > renungan > Aku tidak mau mengiklankan kemaksiatan

Aku tidak mau mengiklankan kemaksiatan

Beberapa tahun yang lalu persebakbolaan eropa dihebohkan oleh aksi salah satu pemainnnya. Pemain tersebut adalah Frederic Kanoute. Pemain asal mali yang saat itu membela klub Sevilla. Dia melakukan aksi menutup tulisan sponsor di kaosnya. Saat itu klub sevilla menggunakan sponsor “888” yang merupakan nama sebuah tempat perjudian. Dia menyatakan tidak mau mengiklankan kemaksiatan. 
Terlepas dari pro dan kontra yang terjadi saat itu, saya setuju dengan apa yang dilakukannya. Kita harus bisa melakukan “Amar ma’ruf Nahi Munkar” yakni mengajak dan melakukan kebajikan serta mencegah kemungkaran. Apa yang dilakukannya tersebut termasuk dalam mencegah kemungkaran dan dia bahkan berani mengambil segala resiko yang diterimanya.

Nah kita (para blogger) patut mencontoh apa yang dilakukan oleh pemain tersebut. Apa saja yang bisa kita lakukan? Paling tidak ada dua hal yang perlu kita perhatikan.
Yang pertama, Isi dan meteri blog yang kita tampilkan. Kita semestinya menampilkan materi blog yang mengandung kebaikan, misalnya tips memasak, tips kesehatan, tips keluarga, dsb. Jangan justru sebaliknya, banyak blog yang demi menambah traffik dan pagerank mereka mengambil topik yang sedang ”panas” atau banyak dicari, misal tentang gosip, tentang seks, dsb. Apapun isi materi blog yang kita tampilkan kita akan  mendapat “bagiannya” entah itu kebaikan ataupun keburukan.
Yang kedua, bagi mereka yang sudah merambah dunia periklanan. Patut diperhatikan apa – apa yang akan atau sudah diiklankan, apakah mengandung unsur kemungkaran atau tidak. Apalah gunanya kita mendapat banyak uang jika di dalamnya  mengandung keburukan? Bagaimana jika harta itu termakan anak –anak kita? Akan seperti apa mereka jadinya?
Nah hal di atas adalah kaitannya kita sebagai blogger, sedang peran kita sebagai manusia tentunya amar ma’ruf nahi mungkar tidak hanya sebatas dalam dunia blogger tetapi juga harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari – hari.
Categories: renungan
  1. June 25, 2011 at 6:08 AM

    yupz mas…masukan yang bagus untuk saya tentunya .. tapi sekarang kita bisa alihkan problem itu dengan metode SEO jebakan .. link dan content menuju judi/pornografi tapi padahal bukan berisi hal tersebut .. mari kita galakkan SEO bersih dan sehat untuk indonesia selangkah lebih maju ..salam blogger dan selamat untuk berkatifitas

  2. June 25, 2011 at 6:37 AM

    Kebetulankah jika nomornya 888, sama seperti angka favorit Masjier hingga menjadi pembuka sharing? Tapi ga sama kok ya. Yang satu jadi nama tempat perjudian.Semoga tetap dijalur yang bersih, ya. Tidak asal share karena sayang sekali jika “Mengotori” blogosphere dengan SEO yang tidak baik. Sekarang banyak sekali blog yang mengambil link saja hingga menyesatkan.

  3. June 25, 2011 at 8:55 AM

    Saya pribadi lbh milih jalur bersih dlm ngeblog. Tp iklan yg buatin orang. ada unsur2 tdk baeknya apa ga aq ga tau. . . Haduh

  4. June 25, 2011 at 11:58 AM

    Lebih baik pilih yang aman-aman aja deh Mas, aku setuju sama tulisannya.. Mas, mohon saran n kritikannya ya buat tulisan adik aku http://retnovithas.blogspot.com/2011/06/cerpen-lala

  5. June 25, 2011 at 1:04 PM

    blog yang mengandung unsur2 tak mendidik kuhapus dari kolom komen, makanya bagi yang baru kenal pasti kena moderasi dulu untuk ngecek itu,..

  6. June 25, 2011 at 2:33 PM

    setuju dengan mas jier,,,tegas sekali mas….🙂

  7. June 25, 2011 at 4:44 PM

    wah betul ya, sebelum tegas kepada lingkungan memang harus tegas pada diri sendiri.eh soal pemain bola tersebut, terus gimana ? dia diberhentikan atau gimana ?

  8. June 25, 2011 at 5:52 PM

    @mbak sus : kemarin sama mau buat domain masjier.blogspot.com saja tapi itu udah terpakai pada blog terdahulu yang nggak diteruskan, jadi saya buat yang baru dan saya tambah angka 88 yakni tahun lahir saya.@mbak tiara : pemain tersebut tetap bertahan kok sampai beberapa musim berikutnya.@teh eno : ya sudah saya cek ke TKP@mas mabruri : makasih mas@mbak monda : iya mbak kadang moderasi emang perlu

  9. ded
    June 25, 2011 at 6:19 PM

    Memang yang ternaik adalah menulis untuk kebaikan. Supaya bermanfaat bagi kita semua….

  10. June 25, 2011 at 7:50 PM

    Salam TakzimSaya tidak pernah nonton bola tapi saya salut dengan pemain yang mas ceritakan semoga banyak yang nyontohSalam Takzim Batavusqu

  11. June 26, 2011 at 7:57 PM

    @om Uded : iya om, mari kita sebarkan kebaikan@Batavusqu : Salam kembali, iya semoga banyak yang mencontoh, terima kasih kunjungannya

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: