Home > review > Evaluasi 2 (segi kesehatan, hubungan sosial dan ibadah)

Evaluasi 2 (segi kesehatan, hubungan sosial dan ibadah)

Posting kali ini masih dalam rangka evaluasi pada 1 bulan pertama.
Pada postingan sebelumnya masjier telah menampilkan evaluasi1 yakni yang berhubungan dengan angka – angka. Namun tidak lengkap rasanya jika tidak dilakukan evaluasi pada sisi yang lain.
Pada satu bulan kemarin masjier telah memposting sebanyak 62 entri. Ini melenceng jauh dari target awal yakni 1  posting per hari. Mas jier terkesan memaksakan diri dan terlalu berlebihan. Kenyataan seperti ini selain bisa mengurangi kualitas postingan, juga membawa efek samping pada sisi yang lain misal segi kesehatan, hubungan sosial, dan juga segi ibadah.

Nah masjier mencoba memaparkan tentang 3 hal tersebut.

1. Efek dari segi kesehatan

Dari segi kesehatan masjier merasakan beberapa efek sbb :
a. Berat badan turun 2,5 kg
Pada bulan kemarin tinggi dan berat badan masjier 172 cm / 63,5 kg sedangkan sekarang menjadi 172 cm / 61 kg dengan kata lain berat badan turun sebanyak 2,5 kg. Meskipun masih berada pada batas toleransi berat badan ideal, namun menurut teman – teman masjier, masjier sekarang jadi kelihatan lebih kurus dan ceking.
b. Tensi darah makin turun
Dalam hal tensi darah meski masjier tidak punya datanya secara pasti namun masjier merasakan tensi darah turun. Beberapa hari ini masjier menjadi mudah pusing setiap habis jongkok atau habis duduk meskipun hanya sebentar. Mungkin hal ini dikarenakan kurang gerak dan kurang lancarnya peredaran darah.
c. Penyakit insomnia meningkat
Sejak dahulu masjier sudah mempunyai penyakit susah tidur atau insomnia, dan akhir – akhir ini penyakit ini menunjukkan peningkatan sekitar 1 – 2 jam. Wah makin parah aja nih.
d. Lain – lain
Masih banyak efek lain yang masjier rasakan yakni efek ke mata karena terlalu lama menatap monitor komputer, efek badan pegel karena kurang gerak, efek ke telinga karena mendengarkan lagu – lagu pake headset (maklum sekamar banyak orang, kalo pake speaker malam – malam takut ngeganggu), dsb.

Bicara masalah gangguan kesehatan akibat nge-blog yang berlebihan, sahabat blogger juga ada yang mengalaminya, untuk melihatnya silahkan klik di sini

2. Efek dari segi hubungan sosial

Dari segi hubungan sosial masjier merasakan beberapa hal, sbb :
a. Jarang main game bareng, bercanda dan curhat bareng sang adik
Pada bulan – bulan sebelumnya masjier sering kali main PES 2011 bareng adik, bercanda bareng dan saling curhat. Namun akhir – akhir ini, kami makin jarang melakukan hal itu. Malah kami sempat berseteru karena perbedaan pendapat. Emang benar apa yang dikatakan mas coekma, internet dan gadget bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Semoga hubungan kami bisa kembali baik lagi seperti semula.
Silahkan lihat artikel mas coekma pada link di bawah ini.
b. Jadi kurang perhatian sama si dia
c. Jarang maen ke kamar temen, ngemil bareng, nonton bola bareng, dsb
(sekarang di tempat masjier bekerja ada beberapa anak baru fresh graduated, namun masjier belum pada kenal nama – namanya karena jarang maen ke kamar teman). Wah parah nih.
d. Jarang baca buku. Koleksi buku masjier terlihat kesepian dan sedih di rak buku sana.

3. Efek dari segi ibadah

Untuk hal ini majier tidak bisa menyebutkannya di sini karena masjier merasa malu. Meski sholat lima waktu masih jalan terus namun dari segi ibadah masjier merasa ada yang kurang. Semoga bulan berikutnya mas jier bisa memperbaikinya.
Nah demikian evaluasi mas jier yang kedua. yakni evaluasi dari sisi yang lain selain angka – angka. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi masjier sendiri khususnya dan juga bagi shahabat blogger semua. Tentu saja juga harus dilanjutkan dengan perbaikan agar menjadi lebih baik. Dan tak lupa mas jier mohon kritik dan sarannya.
Sekian posting kali ini semoga bermanfaat.
Bandung, 28 Juni 2011
Salam
Mas Jier
Categories: review Tags: , , ,
  1. June 29, 2011 at 6:28 AM

    Hahaha… wah nge blog berlebihan itu gak bagus yah Mas Jier.. Aku jg di awal2 bisa sampe bikin 4 posting sehari… trus berhari2 gak… hihihi…mendingan dibuat jadwal saja… setiap timbul ide, ditulis jadwal postingnya… jd bisa jd tabungan ide… dikala nggak punya ide, bisa comot dari tabungannya… dan dgn 1x posting sehari kan bisa bnyk waktu utk BeWe… :-Dkecuali blog ini mau diajukan adsense… itu hrs dibuat 2 posting sehari, kabarnya begitu ya…😀

  2. June 29, 2011 at 7:38 AM

    yaa jangan sampe laah kegiatannya malah justru berefek kurang bagus.. hemm, mendingan sih prioritas mana yang penting mana yang nggak.. trus bikin jadwal, kayak lyliana thia bilang..hehehe..

  3. June 29, 2011 at 10:35 AM

    semoga ngeblog kita tetap sehat dalam jiwa dan keimanan kita………….hehehhehesalam

  4. June 29, 2011 at 2:11 PM

    wah sampe segitunya mas,,,lagi2 manajemen waktu yang perlu diperbaiki, agar kegiatan ngeblog kita juga tidak membawa efek negatif dalam kehidupan nyata…

  5. June 29, 2011 at 2:17 PM

    Mas, jangan lupa selalu baca alquran!😀

  6. June 29, 2011 at 5:04 PM

    @mbak lyli : iya mbak makasih sarannya mbak, nanti saya praktekkan@Mas Gaphe : iya mas makasih, perlu menata ulang managemen waktunya@Kezedot : Amin iya tapi perlu persiapan untuk mencapainya@Mas Mabruri : Makasih mas atas sarannya@Kang Asop : iya kang tetep baca Al-Qur'an kok

  7. June 29, 2011 at 6:09 PM

    Saya juga merasakannya, ide menulisnya selalu muncul tanpa henti. Masih banyak malahan tema tulisan di daftar tunggu nih. Tapi memang karena lagi ada free time sih, mulai Juli udah gak bisa lagi.

  8. June 29, 2011 at 7:54 PM

    @mas andre : hehe banyak ide berarti banyak tabungan postingan, tinggal mengatur release-nya aja

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: