Home > Evaluasi > Penggunaan intenet dan energi listrik

Penggunaan intenet dan energi listrik

Pada dasarnya nge-blog adalah sebagai sarana untuk mencari kebahagiaan. Mencurahkan isi hati dan apa yang ada dipikiran menjadi ide yang ditulis ke dalam blog sehingga bisa berbagi kepada orang lain. Dengan begitu maka diharapkan pikiran menjadi lebih plong dan juga punya lebih banyak teman. Namun perlu diperhatikan juga segi yang tak kalah penting yaitu yang menyangkut biaya seperti penggunaan internet dan energi listrik. Jika kedua hal itu tidak diperhatikan maka yang awalnya ingin happy – happy malah jadi susah – susah.
Nah tentunya sahabat blogger bisa mengatur sendiri managemen dari kedua hal tersebut, kali ini saya ingin cerita dikit tentang apa yang saya alami.

Penggunaan internet
Sebagai pengguna internet broadband unlimited, tentu saya tidak terlalu kaget dengan biaya yang harus dikeluarkan karena sudah ditentukan sejak awal berdasarkan paket yang telah dipilih. Hanya saja saya sedikit terhambat dengan masalah kuota. Yakni setelah kuota habis, internetnya sudah tak sekencang sebelumnya. Malah kadang tidak bisa membuka blog yang filenya terlalu besar. Jadi saya mohon maaf jika belum sempat berkunjung ke beberapa rumah teman – teman, terutama yang tampilan blognya begitu “megah”. Soalnya makin megah suatu blog makin berat juga loading yang diperlukan.
Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan internet broadband unlimited dibanding internet yang menggunakan sambungan telepon rumah.
Kelebihan
yang pertama, terhindar dari biaya internet yang membengkak (bagi pengguna layanan unlimited), karena pembayaran telah ditentukan berdasarkan paket yang dipilih. Misalnya anda memakai paket unlimited dengan kuota 2 GB sebulan. Anda tidak perlu khawatir dengan jumlah tagihan yang harus dibayarkan karena sudah ditentukan dari awal.
Yang kedua, tidak perlu khawatir kabel telepon putus atau ada yang mencuri. Karena tidak memang menggunakan kabel. Sebaliknya Kalo menggunakan layanan yang dijadikan satu sama telepon rumah, maka jika sewaktu – waktu terjadi sesuatu terhadap kabelnya (putus kena tiang listrik atau pohon yang roboh, dsb) maka puasa dulu berinternet atau terpaksa harus ke warnet.
Kekurangan
Yang pertama, dari segi kecepatan kalah dibanding yang menggunakan modem telepon rumah
Yang kedua, tergantung sinyal yang ada. Jika sinyal bagus ya jalan kalo sinyal lagi tidak ada ya nunggu sampe sinyal bagus lagi baru bisa berinternet ria
Yang ketiga, jika kuota telah tercapai maka kecepatan akan turun sangat drastis, malah kadang tidak bisa membuka blog yang file-nya besar.
Penggunaan Listrik
Dalam hal penggunaan listrik saya masih beruntung karena masih numpang di mess perusahaan. Namun bagaimanapun juga saya tetap harus belajar memperhitungkannya karena tidak selamanya saya berada di sini. Selain itu, mentang – mentang numpang juga tetap tidak boleh menggunakan listrik dengan seenaknya sendiri, bagaimanapun kita tetap harus menghemat energi dan peduli terhadap lingkungan. Benar nggak?
Nah demikian yang bisa saya ceritakan kali ini
Sekian semoga bermanfaat
  1. June 30, 2011 at 2:36 PM

    saya masih harus menggunakan koneksi warnet nih😦 kesian amad ya😦

  2. June 30, 2011 at 4:35 PM

    Aku jg pake modem bradband yg unlimited, Mas Jier.. tapi yah itu suka putus seenaknya trus kadang lemotnya nggak ketulungan hihihi

  3. June 30, 2011 at 5:07 PM

    yg penting kalau sudah tanggal muda, lancar lagi ya mas…😀

  4. June 30, 2011 at 5:32 PM

    kalo saya karena kebutuhan jadi menggunakan model wireless dan juga unlimited heheheh …yupz ada kelebihan ada kekurangan

  5. June 30, 2011 at 7:02 PM

    kebetulan baik di kos maupun dirumah saya pake wifi dan unlimited juga meskipun kecepatannya gg secepat waktu pake speedy.kalau dirumah, komputer bisa nyala hampir 20 jam sehari, tapi karena kita jarang nonton tv, gg masalah lah (masalah sih bagi mama hhehhe)

  6. June 30, 2011 at 8:08 PM

    @merliza : yang sabar mbak, malah enak kok di warnet rame.@mabk lyli : iya mbak suka lemot, apalagi tanggal tu kayak gini.@Mas Mabruri : iya nih mas bentar lagi bisa ngacir.@mas Zey : kalo saya emang karena nggak ada sambungan teleponnya maka harus pake modem broadband@mbak tiara : wah non stop ya nyala komputernya hehe. kalo saya paling cuma 6 jam sehari.

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

