Home > pendidikan, wisata > Puspa Iptek Jawa Barat

Puspa Iptek Jawa Barat

Bagi anda yang sedang jalan – jalan ke Bandung saya sarankanuntuk mampir ke sebuah tempat wisata yang menarik dan sekaligus mendidik yangada di kawasan Bandung Barat. Tak jauh dari gerbang tol Padalarang ada sebuahtempat bernama Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspa Iptek) JawaBarat. 
Sundial atau Jam Matahari di Kota Baru Parahyangan. Gambar dari sini
Tempat wisata yang menarik dan mendidik seperti inimerupakan pilihan lain wisata yang ada di Kota Bandung. Jika selama ini anda keBandung hanya untuk tujuan belanja dan menghabiskan banyak uang denganmengunjungi Factory Outlet, Mall – Mall atau Wahana Hiburan yang ada di Kotaini, maka alangkah baiknya anda juga mengunjungi salah satu tempat wisata yangmengandung unsur pendidikan.

Puspa Iptek ini berada di kawasan Kota Baru Parahyangan,sebuah kota mandiri berwawasan pendidikan dan landmark yang ada di kota Bandung. Begitu anda memasuki gerbang KotaBaru Parahyangan, aroma kesegaran begitu terasa. Tatanan kota yang apik danasri menjadi ciri khas tersendiri. Di kiri dan kanan jalan masuk tertata rapipepohonan yang menyejukkan.
Alat peraga sepeda kabel. Gambar dari sini
Alat peraga bunyi yang ada di Puspa Iptek. Gambar dari sini
Tak jauh dari gerbang masuk terdapat sebuah Sundial atau jammatahari. Ini merupakan salah satu jam matahari terbesar yang ada di dunia. Nahgedung Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menyatu dengan jammatahari tersebut.  Di dalam Puspa Iptekanda dapat bermain sekaligus belajar. Di dalamnya terdapat beragam permainanedukatif dan interaktif untuk berbagai lapisan usia. 
Di dalam Puspa Iptek tersebut sudah ada sekitar 150 alat peragayang sifatnya interaktif dan terbuka. Siapa yang berkunjung ke sana dapatmencoba sendiri, misal : alat peraga seperti kepala terpenggal, sepeda kabel,baskom air mancur, parabola, tsunami model, bayangan setengah bola, kursi pakudan lain sebagainya. Di sana kita akan tahu bahwa Sains dan teknologi bisadikemas dan dipelajari dengan cara yang mudah dan menyenangkan.
Nah semoga tempat ini bisa menjadi pilihan berwisata andadan keluarga. Tentunya wisata yang menyenangkan sekaligus mendidik.
Semoga bermanfaat
Salam masjier
Categories: pendidikan, wisata
  1. July 14, 2011 at 8:52 AM

    doain aja mas, biar bisa jeng jeng ke bandung… hehehe

  2. July 14, 2011 at 9:04 AM

    di Bandung wah jauh juga ya,,ntar kalau ada kesemptan mampir kesana

  3. July 14, 2011 at 12:28 PM

    @mas mabruri : iya mas semoga kapan – kapan ada waktu untuk jalan – jalan ke bandung sini@bang sofyan : iya nanti mampir ke tempat saya sekalian

  4. July 14, 2011 at 2:34 PM

    huhuhu…. liburannya udahan, pengennya jumat ini ke bandung tapi si kakak sudah mulai MOS…btw, nice info…

  5. Nia
    July 14, 2011 at 3:56 PM

    Ohh ternyata Masjier orang bandung tochhh….pengen banget ke bandung tp blm kesampaian nechhh

  6. July 14, 2011 at 5:00 PM

    @mbak Vitta : wah berarti saya postingnya telat nih hehe. mustinya pas masa liburan kemarin ya.@mbak nia : saya orang magelang yag tinggal di Bandung mbak.

  7. July 14, 2011 at 5:12 PM

    Huaaa jauh amat di bandung. Tmpt seperti ini yg perlu dilestarikan drpd mall yg hny menghabiskan uang pastinya xixixi

  8. July 14, 2011 at 6:11 PM

    wah asik banget ya sambil jalan2 bisa belajar ilmu juga, kapan kesana ingin sekeli nih hehhehe

  9. July 14, 2011 at 8:15 PM

    Oke banget nih… Ada tempat wisata edukatif spt ini… Perlu dicatat nih😀

  10. July 14, 2011 at 8:27 PM

    @mbak Tarry : Di hongkong kayaknya juga ada yang lebih lengkap mbak.@Mbak Anisayu : iya sekalian tambah ilmu@mbak lily : dari jakarta cukup naik tol cipularang terus nyampe deh. kapan – kapan mampir aja mbak.

  11. dey
    July 15, 2011 at 3:15 PM

    kopdaran di puspaiptek yuk … hehehanak suka kalo diajak kesini, tapi sayang ya, koleksi museum agak sedikit kurang terawat. Terakhir kesana, sepeda yang diatas itu gak bisa dipakai krn rusak.

  12. July 16, 2011 at 12:35 PM

    @bu dey : iya kapan2 kopdaran yuk. Wah sayang sekali ya kurang terawat.

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: