Home > Blog Kontes > Makanan sehat ala keluarga pak soleh

Makanan sehat ala keluarga pak soleh

Makanan sehat merupakan salah satu faktor pendukungkesehatan manusia. Dengan asupan makanan sehat insya Allah badan, pikiran maupun jiwa akan menjadi lebih sehat.
Banyak orang termasuk ahli kesehatan mencoba mendefinisikanapa yang dimaksud dengan makanan sehat. Penafsiran setiap orang punberbeda-beda. Dalam hal ini keluarga pak Sholeh mempunyai pedoman khusus dalammenentukan makanan sehat.
Berikut pedoman keluarga pak sholeh dalam menentukan makanansehat.

Pertama, makanan sehat ditentukan oleh cara mendapatkannya.Bagi keluarga pak sholeh makanan yang sehat haruslah makanan yang didapatdengan cara yang halal dan baik, bukan didapat dengan cara haram sepertimencuri, korupsi, menipu, dsb. Makanan senikmat dan selezat apapun tidaktermasuk makanan sehat jika cara mendapatkannya dengan cara yang haram. Jikaseseorang memakan makanan yang didapat dengan cara haram, bisa jadi ia sehatsecara jasmani tetapi secara jiwa ia kotor.
Kedua, makanan yang sehat ditentukan oleh bahan bakunya. Makanansehat haruslah makanan yang dibuat dari bahan makanan yang  halal. Bagi keluarga pak sholeh segalasesuatu yang dilarang oleh agama untuk dimakan dianggap bukan makanan yangsehat. Karena bagi mereka agama adalah petunjuk pada jalan yang baik dan benar.Tidak mungkin agama melarang sesuatu yang baik. Jika suatu makanan atau bahanbakunya dilarang oleh agama tentu itu merupakan sesuatu merupakan sesuatu yangtidak baik untuk dimakan. Begitu juga sebaliknya.
Ketiga, makanan yang sehat ditentukan oleh kualitasnya. Bagikeluarga pak sholeh makanan yang sehat harus mengandung segala sesuatu yangdibutuhkan oleh manusia dalam kehidupannya. Ada yang untuk tenaga, untukpertumbuhan, untuk memperbaiki jaringan tubuh, dan sebagainya.Makanan tidaktermasuk makanan sehat, jika tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi – nutrisi yangdiperlukan oleh tubuh. Selain itu juga secara kualitas makanan tidak bolehmengandung zat – zat yang membahayakan tubuh manusia sebagai contoh yaitu bahankimia buatan seperti bahan pengawet, pemanis, penambah rasa, pewarna, dsb.
Keempat, Makanan yang sehat ditentukan oleh kuantitasnya.Makanan yang sehat haruslah cukup jumlahnya. Tidak terlalu sedikit dan tidak berlebihan.Makanan yang terlalu sedikit tidak akan mampu mencukupi kebutuhan manusia. Manusiaakan menderita kekurangan gizi dan kekurangan nutrisi. Begitu juga sebaliknyamakanan yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh karena akan membawa berbagaiefek negatif bagi tubuh, seperti obesitas, kolesterol tinggi, penyakit gula,dsb.
Kelima, makanan sehat ditentukan oleh waktunya. Makanan yangsehat haruslah makanan yang masih bagus dan belum kadaluarsa. Makanan yangsudah basi(kadaluarsa) bisa menyebabkan keracunan, diare, dsb. Makanan yangsehat juga harus dimakan pada waktu yang tepat misalnya jangan makan makananyang dingin setelah makanan yang panas karena bisa membuat kerusakan pada gigi,atau jangan makan buah yang mengandung asam di pagi hari sebelum perut diisioleh makanan lain karena bisa menyebabkan sakit maag atau asam lambung. Jadimakanan yang sehat juga harus dimakan pada saat yang tepat.
Dalam kesehariannya keluarga pak sholeh biasa memakanmakanan yang jelas asal usulnya yakni makanan dari hasil panen sendiri disawah. Kalaupun harus makan daging, mereka memilih untuk menyembelih sendiridari ternak yang mereka pelihara atau membeli dari pasar dalam keadaan hidup.
Mereka juga membiasakan diri untuk makan di rumah agar lebihterkontrol dalam proses pemasakannya. Mulai dari pencucian bahan baku hingga penyajiannya.Mereka berusaha untuk meminimalkan masuknya zat – zat yang berbahaya untuktubuh dengan mencuci hingga bersih, meminimalkan penggunaan  zat – zat kimia dengan menggunakan bahan –bahan alami.
Nah itulah beberapa pedoman makanan sehat menurut keluargapak sholeh. Para ahli gizi boleh mendefinisikan makanan sehat sesuai denganpenafsiran masing – masing. Namun bagi keluarga pak sholeh, makanan sederhanasekalipun jika memenuhi lima pedoman tersebut maka itu sudah merupakan makanan sehat.Pedoman – pedoman tersebut tidak bisa dipisah – pisahkan karena merupakan satukesatuan dan saling melengkapi.
Tulisan ini saya ikutsertakan dalam acara ADUK, edisi Rabu 20 Juli 2011 yang diadakan di Blogcamp.
Semoga bermanfaat bagi semua.
Salam hangat dari Bandung
  1. July 20, 2011 at 2:02 PM

    lengkap nih, ditinjau dari segi kesehatan,ekonomi,dan agama…pola makan sehat kita bisa adopsi dari pola makan Rosulullah ^_^untuk menu zaman sekrang, lebih oke kalo diproduksi sendiri atau masak sendiri jauh lebih terkontrol dibandungkan makanan instan yang cenderung berbahan kimia…satu lagi, bahwa makanan sehat gak mesti mahal …BEgitu besarnya karunia ALLAH pada alam indonesia….

  2. July 20, 2011 at 2:47 PM

    Komplit bnget,.mungkin kesimpulannya makanan sehat i2 makanan yg baik utk tubuh dan ruh kita ya Mas..Sukses ya Mas dgn ADUK nyaKomplit bnget,.mungkin kesimpulannya makanan sehat i2 makanan yg baik utk tubuh dan ruh kita ya Mas..Sukses ya Mas dgn ADUK nya

  3. July 20, 2011 at 4:04 PM

    Luar biasa, Mas Jier… dikala kepalaku ini puyeng dengan segala penemuan ilmuwan dari mana2.. justru Pak Sholeh menemukan solusi paling jitu cara hidup sehat… dengan 4 pedoman di atas, memang insya Allah seseorang terjamin kesehatannya🙂

  4. July 20, 2011 at 4:05 PM

    wew lengkapp, ada beberapa hal yg sama kita bahas dalam makanan sehat ini mas…😀

  5. July 20, 2011 at 4:50 PM

    Sepakat! Makanan sehat adalah makanan yang halal dan baik, baik dari segi dzatnya maupun sifatnya.Semoga sukses di kontes.Amin.

  6. July 20, 2011 at 4:55 PM

    Ingin meniru jejak keluarga Pak Soleh.. sehat dan mandiri..

  7. July 20, 2011 at 7:07 PM

    Assalamu'alaikum Kang,Subhanalloh, benar-benar gambaran keluarga yang sholeh karena digerakkan oleh energi yang berasal dari makanan yang halal, benar danb thoyib sehingga bisa menggerakkan setiap sel menuju keshalihan jasmani dan ruhani

  8. July 20, 2011 at 7:53 PM

    Wah yg ini sip mas. Pasti menangSehat jasmani rohani ini mahBs dicontoh nich pola makannya🙂

  9. July 20, 2011 at 8:30 PM

    pak sholeh adalah personafikasi dari “keluarga Yang Sholeh”, kita patut mencontoh pak sholeh, yang selalu berusaha untuk mendapat hidayah dari Alloh karena sebab yang dimakanannya.

  10. July 20, 2011 at 8:55 PM

    kalo makan makanan sehat pikiranpun lebih cermat dan badan terasa semangat ga ada malas heheheinfo yg bagus banget,,,🙂

  11. July 21, 2011 at 11:00 AM

    Makanan Yang Sehat dan Halal itu mempengaruhi Kelansungan Hidup manusia.. Jika makanan yg di konsumsi tidak halal ya sudah pada tau efek nya kehidup.. Terutama Do'a.. Do'a tidak akan di makbulkan jika perut terisi oleh barang yang haram🙂

  12. July 21, 2011 at 9:51 PM

    @brigadir kopi : setuju mas. Kita harus meniru teladan kita yakni Rasulullah SAW agar hidup kita lebih bermakna.@sofyan : iya seperti itulah kesimpulannya.Amien makasih doanya@Mbak Lyli : Insya Allah mbak. tentu disertai dengan doa

  13. July 21, 2011 at 9:53 PM

    @mas mabruri : iya mas ada beberapa yang sama. hehe tapi saya tidak nyontek lho ya hehe@Abi Sabila : setuju deh. Dan makasih atas doanya. Semoga Abi juga sukses selalu.@mas bro : monggo mas.

  14. July 21, 2011 at 9:56 PM

    @Djagan Pakies : Wa 'alaiku salam.Insya Allah bisa menjadi gambaran bagi semua yang ingin hidup sehat jasmani dan rohani.@mbak Tarry : yuk kita contoh yang benar dan tingglkan yang salah@Pakde Sulas : setuju pakde

  15. July 21, 2011 at 9:58 PM

    @mbak Anisayu : benar mbak, mari budayakan makan makanan sehat.@mas eel : benar mas berpengaruh juga terhadap doa seseorang.

  16. July 21, 2011 at 10:30 PM

    Saya telah membaca artikel diatas dengan cermatAkan langsung saya catatTerima kasih atas partisipasi sahabatDari Surabaya saya kirim salam hangat

  17. July 22, 2011 at 7:25 AM

    @pakde Cholik : makasaih pakde telah berkunjung ke sini.

  18. July 22, 2011 at 10:11 AM

    Hehe, makanan sehat… harusnya sih, gak pake MSG.😀

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: