Home > pengalaman > Hidangan Pembuka acara Wasana Warsa

Hidangan Pembuka acara Wasana Warsa

Siang itu para pengurus OSIS sedang berkumpul di ruang rapat. Mereka membicarakan hidangan pembuka yang akan ditampilkan dalam acara Wasana Warsa.

Sang ketua OSIS membuka pembicaraan, “Baik teman – teman, saya mohon saran dan usulan dari teman – teman semua kira – kira apa hidangan pembuka yang akan ditampilkan dalam acara Wasana Warsa nanti?

Ada salah satu anggota yang bertanya, “Emang seberapa penting sih hidangan pembuka dalam acara tersebut?”

Sang ketua OSIS menjawab, “Hidangan pembuka sangat penting. Hal ini dikarenakan hidangan pembuka suatu acara akan sangat mempengaruhi jalannya acara secara keseluruhan. Jika hidangan pembuka menimbulkan semangat dan gairah para hadirin, tentu mereka akan lebih bersemangat untuk mengikuti acara selanjutnya. Sebaliknya jika hidangan pembukanya saja sudah bikin tidak semangat, tentu persepsi mereka acara berikutnya akan membosankan.”

Kemudian anggota lain memberikan usulan, “Bagaimana kalau kita menghadirkan Grup band terkenal, seperti Letto atau Sheila On 7 sebagai pembuka acara? Tentu para penonton akan semangat.”

Salah satu anggota lain menanggapi, “Usulan anda memang bagus, tapi kita juga harus lihat kondisi kita. Apakah dana kita cukup untuk mengundang mereka? Itu yang harus dipikirkan.”

Ketua OSIS menambahi, “ Betul kata saudara Mulyono, dana kita tidak cukup untuk mengundang para artis tersebut. Lebih baik kita tampilkan kreasi dari siswa saja yang tidak terlalu memakan banyak biaya.”

Anggota lainnya memberikan usul, “Bagaimana kalau kita tampilkan grup teater sekolah kita saja sebagai hidangan pembuka? Saya lihat prestasi mereka tahun ini cukup bagus. Salah satu anggotanya bahkan terpilih sebagai aktor terbaik pada Gelar Panggung Teater kemarin. Adapun masalah biaya, kita mungkin hanya perlu mengeluarkan biaya untuk kostum dan berbagai properti yang tidak terlalu memakan banyak biaya.”

Sang Ketua OSIS bertanya kepada para peserta rapat, “ Oke bagaimana pendapat teman – teman mengenai usulan saudara Puji? Kalian semua setuju?”

Para anggota dengan kompak menjawab, “Setujuuuuu.

Akhirnya hari diadakannya acara Wasana Warsa pun tiba. Para Orang Tua murid mulai berdatangan dan mereka pun memasuki aula. Banyak diantaranya yang datang dari jauh dan terlihat raut wajah capek di wajah – wajah mereka. Mereka kelihatan kurang bersemangat untuk mengikuti acara tersebut. Namun begitu hidangan pembuka ditampilkan, raut wajah ceria tampak menghiasi wajah mereka. Tidak tampak lagi rasa capek, yang ada mereka semua gembira dan terpukau melihat penampilan dari anak – anak teater.

Saya sendiri salut kepada penampilan mereka. Cerita yang mereka bawakan mengandung banyak filosofi dan pelajaran berharga, tapi mampu mereka bawakan dengan penuh canda tawa, riang gembira dan menghibur para penonton yang menyaksikannya. Akhirnya rangkaian acara Wasana Warsa pada hari itu berjalan dengan lancar hingga akhir.

Sungguh benar sekali bahwa hidangan pembuka suatu acara akan mempengaruhi rangkaian acara berikutnya. Hal ini juga berlaku dalam acara makan, jika hidangan pembukanya mampu menggugah selera dan membangkitkan nafsu makan, maka makanan berikutnya yakni makanan inti dan makanan penutup,  akan terasa lebih nikmat.

Artikel ini saya ikutsertakan dalam acara ADUK edisi Rabu, 27 Juli 2011 di Blogcamp.

Semoga bermanfaat

Salam Mas Jier

Categories: pengalaman Tags: , , , ,
  1. July 27, 2011 at 4:20 PM

    Wasna Warsa itu apa ya mas jir? saya baru denger..😀

  2. July 27, 2011 at 5:16 PM

    Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Tak lupa saya mohon maaf atas segala kesalahan lahir dan batin. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

  3. terroRIEZ
    July 27, 2011 at 6:13 PM

    ini kreatif nih gak harus nampilin grop band papan atas

  4. July 27, 2011 at 10:11 PM

    kalo di perpisahan sekolah kayak gitu, biasanya hidangan pembuka yang wajib di sekolah SMA itu tari tanggai mas.. baru ntar deh nyusul menu yang lain, puisi, band sekolah, tari kreasi, dll.. salam hangat dari Palembang🙂

  5. July 28, 2011 at 4:18 AM

    Hidangan pembuka suatu acara malah lebih penting lagi fungsinya yah Mas Jier…
    Supaya hadirin tak bosan dan tetep semangat mengikuti acara…

    OOT, Mas JIer pindah ke wordpress toh?
    Blog yg lama skrg dikelola adiknya yah Mas?

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: