Home > Tips > Yuk Buang sampah dengan lebih bijak

Yuk Buang sampah dengan lebih bijak

Mungkin karena banyaknya kebutuhan yang ada menjelang puasa dan hari raya lebaran membuat sebagian orang gelap mata. Mereka melakukan cara – cara yang tidak terpuji untuk mendapatkan uang. Ada yang menjual daging sapi gelonggongan, ada yang jadi calo tiket kereta api, dan lain sebagainya.

Baru – baru ini saya lihat berita ada yang melakukan pemalsuan pasta gigi, sampo maupun sabun muka.  Saya ambil contoh pemalsuan pasta gigi. Mereka mengumpulkan bungkus – bungkus bekas pasta gigi di lokasi TPA, kemudian mencucinya, memasukkan pasta gigi tiruan buatan mereka dan akhirnya membungkusnya dengan rapi sehingga menyerupai aslinya.

Satu hal yang membuat saya ngeri. Mereka melakukan pengolahan bahan – bahan dengan alat – alat seadanya yang patut dipertanyakan kebersihan dan kesterilannya. Selain itu, mereka dalam melakukan pencampuran, perbandingan antara bahan satu dengan yang lainnya hanya dengan dikira – kira. Padahal kalau kita baca komposisi bahan pembuat pasta gigi, ada bahan – bahan yang sangat berbahaya jika takarannya tidak pas.

Dalam salah satu produk pasta gigi tertulis bahan – bahan seperti berikut, Calcium, Carbonate, Sorbitol, Hydrate Silica, Sodium Lauryl Sulfate, Sodium Monofluorophospahte, dsb. Tentunya bahan – bahan tersebut sangat berbahaya jika takarannya tidak pas atau pencampurannya tidak merata. Saya sendiri heran bagaimana mereka bisa mendapat bahan – bahan kimia tersebut.

Namun yang terpenting bagi kita. Mari kita buang sampah dengan lebih bijak. Jika selama ini kita sering menggunakan metode habis – buang. Mulai sekarang kita gunakan metode habis – potong – buang. Sehingga mencegah penggunaan bungkus – bungkus tersebut untuk bahan pemalsuan. Karena siapa tahu kita, saudara kita, temana kita, guru kita, ataupun siapa saja, menjadi salah satu korban yang memakai barang tiruan tersebut. Tentunya kita tidak ingin mendapatkan efek buruk dengan semua itu.

Dari keterangan di atas tentunya kita jadi semakin tahu bahwa banyak sekali ancaman yang menghadang kita. Kita harus senantiasa berlindung hanya kepada Allah SWT.

Sekian semoga bermanfaat.

Salam Mas Jier

 

Categories: Tips Tags: , , , , ,
  1. July 28, 2011 at 8:00 AM

    bener juga mas, sendok plastik juga gitu, kalau kita beli makanan seperti nasi bungkus, kita pasti dapat sendok plastiknya, kalau kita enggak hancurkan, takutnya seperti kasus di atas. mending kalau habis makan, pakai – injek(hancurkan) -buang

  2. July 28, 2011 at 8:47 AM

    Jangan sampe kita manusia menyesal di kemudian hari karena di waktu lalu tak membuang sampah dengan baik…😦

  3. July 28, 2011 at 11:50 AM

    sedotan juga loch….ihh ngeri yachhh…krna ekonomi semakin sulit, jd mereka menghalalkan berbagai macam cara yg penting bisa dapat uang utk makan……

  4. July 28, 2011 at 12:51 PM

    bgitulah manusia2 yang imannya lemah, menginginkan keuntungan yang sebenarnya tidak seberapa tpi harus melakukan segala cara meskipun cara yg ditempuh itu tidak benar.

  5. July 28, 2011 at 2:30 PM

    kalau pasta gigi sih belum terbiasa untuk dipotong2 tapi kalau sedotan, gelas minuman plastik, sesudah dipake pasti saya remukin dulu

  6. July 28, 2011 at 2:38 PM

    sekarang ini hanya karena demi mendapatkan uang dengan cepat akhirnya menghalalkan segala cara…
    dan pada akhirnya saya setuju dengan masjier agar kita lebih bijak dan pintar dalam membuang sampah yang telah kita gunakan…

  7. July 28, 2011 at 3:31 PM

    Aduh, ngeri juga ya, kalo sampe pasta gigi dibuat sendiri dan dimasukkan ke dalam kemasan pasta gigi bekas.

    Baru denger sekarang ini kalo pasta gigi, yang sering adalah air minum kemasan, dan shampoo.

  8. July 28, 2011 at 8:19 PM

    🙂 gaya hidup minimalis, gaya hidup hijau…

  9. July 30, 2011 at 2:44 PM

    saya mau kok nampung sampah-sampah itu Masjier.. buat adik-adik saya pencinta alam manfaatkan..

  10. July 31, 2011 at 9:34 AM

    oooh ternyata seperti itu ya…
    baiklah..insya Allah minimal qta harus berusaha ya.. demi bumi yg lebih hijau..
    sekalian mau ucapin selamat berpuasa dan mohon maaf lahir batin🙂

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: