Home > pengalaman, renungan > Kemerdekaan bukanlah akhir perjuangan kita

Kemerdekaan bukanlah akhir perjuangan kita

“Pencapaian ini bukanlah akhir perjuangan kalian, sebaliknya jadikanlah pencapaian ini sebagai titik awal perjuangan kalian yang baru.”

Itulah kata – kata yang diucapkan oleh pembina Pramuka di sekolah Rudi ketika dia dilantik menjadi seorang Penegak Bantara. Sebuah kata – kata yang sangat menginspirasi dalam kehidupan Rudi. Mulai saat itu dia tidak pernah sombong dan angkuh atas pencapaiannya terhadap sesuatu. Karena dia sadar perjuangannya belum berakhir.

Suatu hari ketika Rudi terpilih sebagai Pradana (ketua DKA), dia bukannya jadi malas tetapi malah menjadi tambah semangat dan rajin dalam belajar, baik tentang kepramukaan maupun mata pelajaran. Karena dia ingin membuktikan bahwa dia memang pantas menduduki posisi sebagai ketua organisasi tersebut. Selain itu dia juga ingin tetap berprestasi di kelas meski ikut kegiatan ektra kurikuler sebagai bukti bahwa kegiatan tambahan tidak seharusnya mengganggu kegiatan utama.

Rudi makin termotivasi bahwa pencapaian sesuatu bukanlah akhir sebuah perjuangan, ketika membaca profil seorang Blogger asal Surabaya. Blogger tersebut merupakan seorang pensiunan tentara berbintang satu. Dalam profil Blogger tersebut disebutkan bahwa ”Pensiun dari dinas militer merupakan berakhirnya pengabdian formal seorang militer kepada negara , namun harap diingat bahwa anda akan memasuki pengabdian tahap berikutnya yaitu pengadian kepada masyarakat“. Rudi merasa malu ketika membaca tulisan tersebut. Seorang pensiunan yang sudah bertahun – tahun berjuang di bidang militer saja masih mau meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan mengabdi kepada masyarakat di masa tuanya, sedangkan dia yang masih muda malah sering berleha – leha dan merasa tenang dengan pencapaiannya belum seberapa.

Akhirnya makin berkobarlah semangat Rudi untuk terus berjuang dan melakukan yang terbaik. Dia juga berharap banyak orang yang berpikiran sama dengan dia dan pensiunan tentara tersebut. Kemerdekaan negara Republik Indonesia yang telah kita raih bukanlah akhir perjuangan kita Bangsa Indonesia. Kita masih harus terus berjuang dengan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik – baiknya. Sehingga tercapai negara Indonesia yang makmur, aman dan sentosa. Amien

Saya ucapkan Dirgahayu ke 66 Republik Indonesia. Jayalah Indonesiaku

Logo CBBP

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Cermin Blogger Bakti Pertiwi yang diselenggarakan oleh Trio Nia, Lidya, Abdul Cholik.

Sponsored By :

Semoga bermanfaat

Salam Masjier

  1. August 7, 2011 at 8:16 AM

    eh, itu kan quotesnya pakde cholik ya?

  2. August 7, 2011 at 8:18 AM

    Mas kok ceritanya pendek banget sih? Lihat tuch artikel sahabat – sahabat yang lain panjang – panjang semua. Apa karena judulnya cerita mini terus bikin artikel singkat banget? Tapi nggak apa – apa mas, adik doain semoga sukses.

  3. August 7, 2011 at 8:30 AM

    wah ternyata kontes ya mas. mantap artikelnya, semga menang ya😀

    reply : Amien makasih banyak mas andre

  4. August 7, 2011 at 10:31 AM

    semoga berhasil dengan kontesnya…

  5. August 7, 2011 at 12:25 PM

    Biar mini tp maknanya komplit hehe

    reply : komplit nggak pake telormbak hehe

  6. August 7, 2011 at 2:56 PM

    merdeka mass….

    belanda & jepang sudah nda ada.. hehehe

    smoga sukses mas kontesnya

    reply : Amien makasih mas atas doanya. Mas Ruri juga semoga sukses

  7. August 7, 2011 at 3:55 PM

    sukses moga menang kang iia kontesnya.. traktirannya jangan lupa :p

  8. August 7, 2011 at 4:53 PM

    yeah memang sudah merdeka tapi perjuangan belum berakhir, masih ada jalan panjang yang harus ditempuh🙂

    reply : yuk mari kita lanjutkan perjuangan kita

  9. August 7, 2011 at 6:52 PM

    satu pencapaian adalah titik awal perjuangan baru, ho oh banget, tercapai ijasah sarjana harus berjuang cari/ciptakan pekerjaan …cita2 menikah tercapai, selanjutnya harus berjuang mewujudkan keluarga samara; terus aja begitu😀

    Sukses kontesnya yaaa

    Reply : Benar mbak perjuangan tiada akhir (Fight never ending)
    Amien, makasih atas doanya mbak

  10. August 7, 2011 at 7:35 PM

    wah, kata2nya PakDhe ada disini rupanya, dan alhamdulillah bisa menjadi motivasi bagi yg membacanya.
    Pakdhe memang sosok blogger sepuh yg berjiwa muda ya Masjier🙂
    dan, banyak menularkan ilmunya utk kita semua

    Semoga sukses diacara ini ya Masjier🙂
    salam

    Reply : iya bun. Termasuk saya juga termotivasi oleh kata – kata beliau
    Amien, makasih bun atas doanya

  11. August 7, 2011 at 9:03 PM

    Wihii…dalem ni postingannya😀
    Pakdhe Cholik sering banget ya adain kontes😀
    Yup, kemerdekaan emang bukan akhir perjuangan, melainkan sebuah awal perjuangan😀

    Reply : Dalamnya sedalam samudra ya mas hehe

  12. August 7, 2011 at 11:12 PM

    Mari kita melakukan apa saja yang terbaik, dan yang kita bisa. Biar nggak kalah sama Pak De, hehe…

  13. August 7, 2011 at 11:53 PM

    sukses dan meriahkan kemerdekaan dengan semangat blogging

    salam dari pamekasan madura

  14. August 8, 2011 at 10:23 AM

    Terimakasih atas partisipasi sahabat dalam kontes CBBP
    Artikel sudah lengkap….
    Siap untuk dinilai oleh tim Juri….
    Salam hangat dari Jakarta….

    Reply : Thanks ya mbak Nia, padahal udah tak tunggu dari kemarin lho komennya

  15. August 8, 2011 at 9:25 PM

    perjalanan masih panjang …
    JAGA STAMINA dan TETAP SEMANGAT!

  16. August 10, 2011 at 4:59 AM

    mampir sambil menilai🙂
    terima kasih atas partisipasinya.
    di awal sudah curiga ini tentang pakde🙂

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: