Home > review > FIFO atau FIFU

FIFO atau FIFU

Di setiap peternakan ayam seperti tempat kerja saya berlaku peraturan yang harus dipatuhi oleh para pekerja kandang, terutama yang menyangkut penggunaan pakan. Di tempat kerja saya dikenal istilah FIFO yakni singkatan dari First In First Out. Yupz peraturan ini dipakai agar tidak terjadi penumpukan stok pakan lama yang bisa menyebabkan penjamuran pakan maupun pembusukan.

Namun penggunaan kata – kata ini saya rasa kurang pas kalau dilihat secara bahasa perkata. Kalau yang dimaksud adalah pakan yang pertama masuk haruslah pakan yang pertama kali digunakan berarti harusnya bukan FIFO tetapi FIFU (First In First Used).

Nah coba kita pecah dan artikan per kata

First artinya pertama

In artinya masuk

Out artinya keluar

Used artinya digunakan

Jadi kalau FIFO berarti pertama masuk, pertama keluar.  Sedangkan FIFU berarti pertama masuk, pertama digunakan. Bagaimana lebih pas kalau pakai kata FIFU (First In First Used) kan?

Namun seringkali yang salah itu dianggap benar karena sudah menjadi kebiasaan yakni kata – kata tersebut terlanjur biasa digunakan untuk menuju suatu arti tertentu walaupun salah atau istilahnya salah kaprah. Bagaimana pendapat anda?

Oke sekian dulu share kali ini semoga bermanfaat.

Salam Mas Jier

Categories: review Tags: , , ,
  1. CBI
    August 8, 2011 at 7:14 AM

    saya aja baru tau mas,, ngikut komentar di bawah saya aja..😀

    Reply : Silahkan ngikut mas

  2. August 8, 2011 at 7:24 AM

    memang banyak kata atau nama yang ada itu dikenal karena itu adalah yang pertama dan menjadi populer meskipun akhirnya kita tau kalau itu salah, tapi tetep dipake

    Reply : Setuju bung

  3. August 8, 2011 at 8:54 AM

    salam kenal ganterima kasi gan infonya saya sebelumnya gak tau ini dan sekarang jadi tau

  4. August 8, 2011 at 9:20 AM

    Kalau pakan sifatnya kalau tidak salah habis terpakai ya Mas? Pendapat saya sih FIFO masih istilah yang tepat untuk digunakan. Karena kalau penggunaan kata “USED” berarti setelah digunakan bahan tersebutkan masih ada. CMIIW.

  5. August 8, 2011 at 10:08 AM

    kalo di tempat pakde yang terdekat sikatttttt he he he… biasanya para operator malas mindahin barang yang barusan datang/masuk yang menutupi barang yang lama , bisa ditebak bukan? yang lama ngendon sehingga sampai masa experied date, belum juga di gunakan> dibuang deh

  6. August 8, 2011 at 10:34 AM

    baru denger istilah FIFO dan FIFU, tapi tetep aja sama sekali belum paham karena tak tahu istilah untuk peternakan.. saya ngikut aja lah mas sama komen2 diatas saya, hehe..

  7. August 8, 2011 at 10:50 AM

    Kalau FIFA, First In First Apa ya?🙂

    Reply : Wah kalau itu saya kurang tahu mas hehe

  8. August 8, 2011 at 10:55 AM

    saya juga baru dengar istilah itu mas,,
    yg sudah tidak asing sih FIFA.. hehehe

  9. August 8, 2011 at 11:38 AM

    idem sama komentar diatas, saya juga baru dengar istilah FIFO FIFU, tapi memang masyarakat cenderung mengikuti kebiasaan yang sudah ada walau pun salah kaprah…

  10. August 8, 2011 at 1:34 PM

    wow biasanya saiia getol banged nii ngurusin yang beginian.. permainan kata..
    utak atik gathuk kata seorang temen… ‘ngpain sii lu ngurusin yang bgituan?’ katanya lagi.

    hhmm… FIFU atau FIFO?

  11. riez
    August 8, 2011 at 2:02 PM

    Ga mudeng mas aku FIFU-FIFO’an kalo Fifi aku tahu itu panggilan adik saiia…

  12. August 8, 2011 at 6:44 PM

    iyaa emang kalau sekali udah jadi kebiasaan susah banget buat ngelurusinnya😀
    hhihhi kirain tentang bola deh

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

