Home > pengalaman > Tape Ketan sebagai nama tempat

Tape Ketan sebagai nama tempat

Tape ketan dikenal sebagai nama sebuah makanan. Tape Ketan merupakan makanan yang terbuat dari ketan. Cara pembuatannya adalah dengan cara tape ketan direbus terlebih dahulu, didinginkan, kemudian dibubuhi ragi sebagai bahan untuk proses fermentasi, kemudian dilakukan proses inkubasi selama 2 – 3 hari sehingga teksturnya lebih lembut.

Namun tahukah sahabat bahwa Tape Ketan ternyata juga merupakan nama sebuah tempat. Sebelum kita jelaskan lokasinya, ada baiknya kita baca dulu beberapa percakapan berikut.

Percakapan 1

Percakapan yang terjadi antara saya dengan tetangga saya di jalan.

Tetangga : eh wan saiki sampean wis SMP to? (eh wan sekarang kamu sudah SMP ya?)

Saya : nggih lek sampun kelas 2. (iya paman, sudah kelas 2)

Tetangga : Emange sampean sekolah nandi saiki? (Emangnya kamu sekarang sekolah dimana?)

Saya : Wonten ing SMP kaleh lek. (di SMP dua paman)

Tetangga : oh di tape ketan to (oh di tape ketan)

 

Percakapan 2

Percakapan antara teman saya dan kernet bus.

Kernet : mas, mas, ongkosnya mas.

Rudy : oh iya ini om. (kata teman saya sambil menyerahkan uang 10 ribuan)

Kernet : wah mas nggak ada uang kecil ya? Emang mas mau turun dimana?

Rudy : di Tape Ketan om.

Kernet : oh ya ini kembaliannya (sang kernet menyerahkan uang kembalian)

Nah bagaimana sekarang jelas, bahwa Tape Ketan juga menunjukkan nama sebuah tempat

Tape Ketan berlokasi di jalan Pemuda Muntilan, tepatnya di desa Gunung Pring, Muntilan. Lokasinya dekat pool bus Ramayana dan juga dekat SMP Negeri 1 Muntilan. Adapun mengapa tempat tersebut biasa disebut tape ketan, saya sendiri kurang tahu asal muasalnya. Namun bisa jadi hal ini adalah karena di tempat tersebut terdapat beberapa toko yang menjual oleh – oleh khas Muntilan. Salah satunya tentu saja Tape Ketan khas Muntilan.

Nah berikut ini beberapa gambar lokasi Tape Ketan Muntilan.

Tape Ketan Muntilan

Tape Ketan Muntilan

Nah demikianlah Tape Ketan sebagai nama sebuah tempat. Bagaimana dengan di tempat sahabat, adakah nama makanan yang menjadi nama sebuah lokasi.

Semoga bermanfaat

Salam Masjier

  1. August 8, 2011 at 9:20 PM

    nama populer untuk memdefinisikan sebuah lokasi …

  2. August 8, 2011 at 9:26 PM

    Ditempat saya nggak ada nama makanan dijadikan sebagai nama tempat, itu memang sesuatu yang unik.😀

  3. August 8, 2011 at 9:29 PM

    di Jember malah dibuat mana sebuah Band Mas..heheh

  4. August 8, 2011 at 9:37 PM

    ahahaha unik ya nama tempatnya
    kenapa gg disingkat aja gituya ?
    misal “mau turun di TK” eh tapi gg lucu juga ya

  5. August 9, 2011 at 4:36 AM

    saya baru tau kalau tape ketan itu juga nama tempat.
    kirain makanan aja.

  6. August 9, 2011 at 8:39 AM

    alhamdulillah, di Palembang gk ada tu mas Jier tape ketan di jadikan sebagai nama tempat..

  7. August 9, 2011 at 8:50 AM

    unik juga nama tempatnya, ini pasti tape ketan legendaris y kang sehingga dijadikan nama tempat, kalau di malang sini belum ada setau saya

    salam dari malang

  8. August 9, 2011 at 10:33 AM

    Berarti itu nama makanannya dulu baru menjadi nama tempat.

  9. August 9, 2011 at 11:47 AM

    hehehehe.. kernetnya masih kerabat mas?!?! itu manggilnya ‘om’ ?!?! :p

  10. August 9, 2011 at 2:31 PM

    saya pernah ke Gunung Pring lho tahun 1972. Memang banyak pring ya mas disitu.
    tapi ketan emank enak seger

    salam hangat dari Surabaya

  11. August 9, 2011 at 3:28 PM

    di tempat saya juga ada mas,,
    dari nama buah tpinya, manggis, padahal ya ga ada manggisnya,, hehe
    trs ada juga kali salak,, tapi ya tetep ga ada salaknya..😀

  12. August 9, 2011 at 5:17 PM

    Di Kebumen apa ya? Lha, kok malah balik nanya. Kayaknya sih nda ( belum ) ada. Mas.

  13. August 9, 2011 at 6:46 PM

    ada mas, sumber jeruk… hehe

  14. August 9, 2011 at 7:00 PM

    kalo dikampungku tape nama gang🙂 salam kenal

  15. August 9, 2011 at 10:07 PM

    kalau di sekitar tempat tinggalku, ada yg namanya… Jl. Bayam. Jl. Nangka.. dan buah2an laiinnnya… *eh, ini dimana2 juga banyak kali yah?* hehehe

  16. August 11, 2011 at 2:14 AM

    kalau di daerah saya ada sebuah desa yang nelogso terus Masjier.. sebab nama desanya Kasiyan hehe

  17. August 12, 2011 at 4:04 AM

    TAPE KETAN MUNTILAN … nyam-nyam …
    buat minuman + es … segaaaarrrr

    *eh, akhirnya pake WP juga ya

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: