Home > Uncategorized > Bio Security dan Bio Savety

Bio Security dan Bio Savety

Bio Security dan Bio Savety merupakan salah satu Treatment yang biasa dilakukan di sebuah peternakan. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk melakukan Bio Security dan Bio Savety:

1. Dengan melakukan penyemprotan desinfektan
Biasanya di pintu masuk ke lokasi peternakan di buat sebuah lorong yang akan secara otomatis menyemprotkan cairan desinfektan jika ada orang yang melewatinya. Untuk kendaraan seperti mobil maupun truk juga dilakukan penyemprotan secara merata.

2. Mandi sebelum masuk lokasi kandang
Di beberapa peternakan ada juga juga yang mengharuskan mandi serta ganti baju khusus lokasi kandang sebelum masuk ke lokasi peternakan.

Adapun tujuan dilakukan Bio securty dan bio Savety adalah untuk meminimalkan masuknya bibit penyakit dari luar yang bisa menyebar ke lokasi kandang. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti timbulnya wabah penyakit dan sebagainya.

Apa pelajaran yang bisa kita ambil dari hal tersebut untuk kehidupan sehari-hari?

Kita harus bisa menjaga diri dari masuknya pengaruh tidak baik dari luar. Baik kita sebagai pribadi, sebagai keluarga dan sebagai negera. Hal ini penting agar kita tidak terinfeksi oleh pengaruh buruk yang masuk dari luar. Tetaplah menjalin persahabatan tetapi jangan sampai terbawa arus yang tidak baik.

Semoga bermanfaat

Categories: Uncategorized
  1. November 3, 2011 at 10:40 AM

    Wah, saya jadi inget Resident Evil, Mas…😀

    Virus biologis “lepas” dari laboratorium, menyebar ke kota, penduduk jadi zombie.😎

    • November 3, 2011 at 9:09 PM

      lhon kok bisa sampai ke sana mas nyambungnya? tapi bisa juga sih hehehe

  2. November 3, 2011 at 3:43 PM

    ambil yang baik tapi jangan ambil yang buruk ya

    • November 3, 2011 at 9:08 PM

      betul mbak, ambil yang baik-baik saja

  3. November 4, 2011 at 8:26 AM

    wah peternakannya tempat Mas Jier kerja mantap nih… bagus banget ya penanganan baik kesehatan hewan maupun kebersihan…

    Mas Jier… kalau ayam2nya dikirim kemana sih? dipotong disana atau dikirim hidup2? buat supermarket atau pasar? soalnya aku ingin beli ayam segar yg bersih utk keluarga… agak susah juga carinya.. apalagi di beberapa supermarket di jakarta ayam2nya kelihatan udah nggak segar,.. jd lebih bnyk konsumsi ikan gurame yg beli hidup dipotong di toko…

    • November 4, 2011 at 12:41 PM

      Di tempat saya hasil utama yang diambil adalah telurnya mbak, sebagai bahan baku vaksin.

      Sedangkan ayamnya baru diafkir jika sudah tidak produktif lagi atau sudah tua. Biasanya ada pemborong yang datang ke lokasi kandang untuk membeli ayam-ayamnya

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: