Home > renungan > Persiapan diri dalam segala hal

Persiapan diri dalam segala hal

Dalam dunia peternakan ayam, ada dua tipe pemeliharaan yang dilakukan.
1. Pemeliharaan ayam tipe pedaging
2. Pemeliharaan ayam tipe petelur

Masing masing tipe ini mempunyai karakteristik dan teknik yang berbeda dalam sistem pemeliharaannya.

A. Pada pemeliharaan ayam tipe pedaging, karakteristik adalah:

1. Ayam yang dipelihara adalah ayam pedaging.
Ayam pedaging adalah ayam jenis khusus yang memang diperuntukkan untuk dipelihara dengan tujuan diambil hasilnya berupa daging. Ayam jenis ini relatif cepat pertumbuhannya dibanding ayam jenis petelur.

2. Waktu pemeliharaannya lebih singkat
Waktu pemeliharaannya adalah sekitar 35 hingga 40 hari. Hal ini untuk menjaga agar daging ayam yang dihasilkan masih muda dan biasanya dagingnya masih empuk. Lain halnya dengan ayam yang sudah tua, biasanya dagingnya sudah alot.

3. Sistem perkandangan
Sistem perkandangan untuk ayam pedaging biasanya berbentuk postal. Hal ini untuk memberikan keleluasaan ayam agar tetap bisa bebas bergerak.

B. Lain hal nya dengan pemeliharaan ayam tipe petelur, karakteritiknya adalah

1. Ayam yang dipelihara adalah ayam petelur.
Ayam tipe petelur merupakan ayam yang diperuntukkan untuk diambil hasilnya berupa telur. Ayam jenis ini relatif lebih ramping badannya dan lebih lincah gerak-geriknya.

2. Waktu pemeliharaan lebih lama
Waktu pemeliharaan ayam tipe petelur biasanya sekitar 66 minggu. Yang erbagi menjadi tiga fase yaitu fase starter, fase grower dan fase layer.

a. Fase starer merupakan fase awal yaitu umur 0 hari hingga 21 hari. Pada fase ini ayam masih harus mendapatkan beberapa perlakuan khusus seperti diberikan penghangat, pakan diberikan di atas nampan, dilakukan penyuntikan anti bodi (vaksin), dsb.

b. Fase Grower merupakan fase pertumbuhan yaitu antara umur 3 minggu hingga 15-16 minggu. Pada fase ini ayam sudah mulai tumbuh dan perlakuan khusus yang diberikan pada fase starer beberapa mulai dihilangkan. Ayam tidak lagi perlu penghangat, pakan sudah diberikan dengan pan feeder, dsb.

c. Fase Layer merupakan fase bertelur. Fase ini merupakan fase yang ditunggu-tunggu oleh para peternak ayam petelur. Pada fase ini ayam sudah mulai meghasilkan telur. Ayam dipelihara pada fase ini hingga ayam tidak lagi produktif yaitu sekitar umur 66 minggu. Setelah itu dilakukan pengafkiran dan memulai rencana untuk pemeliharaan ayam yang baru.

2. Sistem perkandangan
Sistem perkandangan pada ayam ptelur lebih kompleks. Pada fase starter dan Grower sistem perkandangan masih menggunakan sistem postal. Sedangkan untuk fase Layer bisa dibedakan menurut tujuan pemeliharaan ayam petelur tersebut.

a. Ayam petelur untuk konsumsi
Untuk ayam jenis ini, biasanya sistem perkandangannya berupa sistem baterai. Yakni kandang berbentuk kotak yang diisi dengan ayam 2 hingga 3 ekor setiap kotaknya. Hal ini dikarenakan tidak perlu adanya pembuahan untuk telur jenis konsumsi. Dan tidak perlu ada pejantan untuk sistem kandang baterai.

b. Ayam petelur untuk breeding atau vaksin
Untuk ayam jenis ini, sistem perkandangannya menggunakan sistem postal dan desain kandang yang dilengkapi dengan sarang betelur. Hal ini dilakukan agar terjadi pembuahan pada ayam. Pada sistem pemeliharaan ini, diperlukan adanya pejantan dengan jumlah pejantan menggunakan rasio 1 :8 (artinya ada 1 pejantan untuk 8 ekor betina).

4. Sistem siklus
Pada pemeliharaan ayam tipe petelur, seorang peternak harus jeli mempersiapkan ayam yang baru. Hal ini dikarenakan ada masa dimana ayan belum menghasilkan telur yakni pada fase starter dan grower. Agar penghasilan peternak tidak terputus, biasanya mereka mempersiapkan ayam yang baru sekitar 25 minggu sebelum ayam yang lama diafkir. Sehingga saat ayam yang lama sudah afkir, ayam yang baru sudah bisa menghasilkan.

Nah bagaimana menurut anda? Lebih enak jadi peternak ayam pedaging atau petelur? Tentu saja setiap hal ada kelebihan dan kekurangannya. Apapun yang kita pilih, kita harus bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik mungkin. Hal ini tidak hanya berlaku pada dunia peternakan namun juga dalam segala bentuk kehidupan di dunia ini. Baik kita sebagai dokter, presiden, arsitektur, petani, dan sebagainya.

Dengan mengetahui apa yang harus kita persiapkan, kita akan tahu apa yang harus kita lakukan sekarang. Jangan lupa juga persiapan buat dunia akherat.
Semoga bermanfaat

  1. November 5, 2011 at 3:29 PM

    ayam pedaging tapi yang alami, ayam kampung gitušŸ˜€ meskipun dagingnya sedikit sih

  2. November 5, 2011 at 4:17 PM

    Sepertinya kang jier ini dah mahir masalah perayaman…bagi terus ilmunya ya kang

  3. November 6, 2011 at 5:03 PM

    hihihi aku cuma beli ayam dan telur aja belum pernah mengembangbiakkannya

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s