Home > renungan > Korban Kanibalisme Ayam

Korban Kanibalisme Ayam

Posting ini untuk melengkapi posting terdahulu yang membahas tentang potong paruh.
Berikut ini kami tampilkan gambar-gambar para korban kanibalisme pada ayam jika tidak dilakukan potong paruh dengan baik dan benar.

Potong paruh, peternakan

Ayam yang dipatukki bagian belakangnya

Kalo ayam yang seperti ini tidak segera dipisahkan ke sekat karantina, maka lama-lama pantat ayam bisa bolong dan terlihatlah bagian dalam dari ayam tersebut. Tidak lama kemudian ayam tersebut biasanya mati secara mengenaskan.

Potong paruh, ayam kanibal, peternakan ayam

Kaki yang dipatukki ayam lain

Ayam yang dipatukki kakinya sering kali jalannya jadi pincang, dan susah untuk berjalan. Ayam yang seperti ini jadi jarang makan karena terus dikejar dan dipatukki habis-habisan oleh ayam yang lain. Lama-lama ayam jadi kurus dan tidak bisa menghasilkan telur.

Ayam kanibal, potong paruh, peternakan

Ayam yang dipatukki kepalanya oleh ayam lainnya

Nah ini yang paling ngeri. Kepala sayam sering bolong dan terlihat bagian dalam kepalanya. Saya sering sedih jika melihat yang seperti ini. Pengennya sih sering nge-cek ke dalam supaya kalo ada yang seperti ini bisa segera dipisahkan. Tapi apa daya masih banyak kerjaan lain yang juga harus diselesaikan, sehingga sering kulihat ayam sudah mati dalam keadaan kepala bolong dan bersimbah darah.

Kepala botak, ayam korban kanibal, potong paruh

Kepalanya ada yang nyampe botak

Jika belum terlambat, biasanya ayam belum nyampe bolong kepalanya, namun bagian kepalanya botak oleh ulah ayam-ayam lain.

Jadi walaupun saat proses potong paruh terasa menyakitkan bagi ayam, tetap saja hal itu perlu dilakukan karena mengingat pentingnya potong paruh. Salah satunya adalah untuk menghindari hal-hal yang terjadi seperti gambar-gambar di atas. Ayam yang paruhnya tidak dipotong akan menyakiti ayam yang lain dan menimbulkan banyak kematian.

Seperti halnya manusia, kadang manusia menerima atau merasakan hal-hal yang menyakitkan dalam hidupnya, tetapi manusia mungkin tidak tahu bahwa hal tersebut adalah demi kebaikkan manusia juga. Agar manusia tidak saling menyakiti antar sesama manusia.

  1. November 7, 2011 at 9:25 AM

    waaah,, ternyata kejam juga sesama ayam. hehehe
    kirain pada damai2 saja mas..😀

    • November 7, 2011 at 9:34 AM

      seperti itulah kehidupan mas. yang kuat menindas yang lemah. Sehingga peternak berusaha meminimalisir dengan melakukan potong paruh.

  2. November 7, 2011 at 10:37 AM

    Mas, tolong laporin ke komnas per-Ayam, saya takut kalau ini dibiarkan terus akan bisa membuatku gak bisa memakan kelapa ayam😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • November 7, 2011 at 10:47 AM

      hahaha siap pak, segera saya laporkan agar segera ditindak lanjuti

  3. November 7, 2011 at 10:57 AM

    Masya Allah… meringis saya ngelihat itu semua…😦

    • November 7, 2011 at 2:04 PM

      semoga tidak terjadi pada manusia ya mas

  4. November 7, 2011 at 11:28 AM

    wah ayam pun bisa saling mem-bully ya, yang dipatukin itu kayaknya ayam kuper atau kurang gaul gitu ya :O

    • November 7, 2011 at 2:07 PM

      biasanya ayam yang lemah Ti, pelakunya ayam yang lebih kuat

  5. November 7, 2011 at 12:24 PM

    untung aja ayam ya coba kejadian itu sering terjadinya ama manusia hihihi..

    • November 7, 2011 at 2:06 PM

      wah jangan sampai lah mas, ngeri aku ngebayanginnya

  6. riez
    November 7, 2011 at 1:20 PM

    Wah ayam petarung apa ayam ternak itu…bisa sampai begitu.

    • November 7, 2011 at 2:05 PM

      ayam peternak donk riez cuma kadang suka bertarung juga

  7. November 7, 2011 at 8:58 PM

    Wah.. ngeri juga, ya…..
    Setahuku sih kanibalisme di ikan, tak tahu jika ada di ayam juga. Mungkin itu yang membedakan binatang dengan manusia, ya… Sekejam2nya manusia, tak ada yang memakan bagian tubuh manusia lain.

    • November 7, 2011 at 9:07 PM

      iya mbak, manusia yang diberikan akal dan pikiran harusnya bisa lebih baik daripada binatang.

  8. November 10, 2011 at 12:19 PM

    wah kasian ya,sesama ayam jadi berantem *hiks*

  9. November 10, 2011 at 1:35 PM

    walau tampang imut2 ayam itu emang kanibal..
    pernah lho aku ngelempar tulang ayam goreng ke halaman, ih langsung dibawa lari dan dimakan ramai2 sama ayam tetangga..

  10. November 11, 2011 at 4:52 AM

    iiih ya Allah serem juga ya ayam kalo nggak dipotong paruhnya…

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: