Home > Evaluasi > Timbang Sampel

Timbang Sampel

Timbang sampel merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan dalam suatu peternakan, terutama peternakan ayam. Timbang sampel biasanya dilakukan seminggu sekali dengan jumlah sampel 1 % hingga 2 % dari total jumlah ayam.

Hal ini dilakukan untuk mengecek perkembangan berat badan ayam. Dengan diketahuinya berat badan ayam, maka peternak bisa mengetahui apakah ayam yang dipeliharanya sudah mencapai berat badan standar, masih kurang atau malah melebihi standar.

Jika ternyata berat badan kurang dari standar, maka peternak akan segera mengevaluasi dan memikirkan berbagai kemungkinan
1. Jumlah pakan yang diberikan kurang.
2. Jumlah pakan yang diberikan cukup tapi konsumsi ayam yang kurang
3. terjadi kelainan pada ayam pada ayam sehingga tidak dapat mencapai berat badan standar

Setelah dilakukan evaluasi dan ditemukan sebabnya maka peternak akan segera melakukan tindakan untuk mengatasinya sehingga berat badan ayam bisa mencapai standar.

Hal yang sama dilakukan jika berat badan ayam melebihi standar. Hanya ada sedikit perbedaan dalam tindakan yang dilakukan.

Dalam kehidupan sehari-hari pun begitu, kita perlu melakukan pengecekkan atas perkembangan diri kita. Sehingga kita bisa mengevaluasi atas diri kita. Bukankah hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari besok harus lebih baik dengan hari sekarang?

Semoga bermanfaat

  1. November 8, 2011 at 1:45 PM

    tadi sekilas bacanya timpang sambel hihihi aku baca isinya kok gak ada tentang sambel, ternyata salah baca. efek laper pengen makan lalap pake sambel

  2. November 8, 2011 at 3:19 PM

    hahaha mbak lidya nih bisa aja bikin lelucon. Iya makan dulu aja mbak biar nggak salahbaca lagi hihihi

    • November 10, 2011 at 12:19 PM

      eh iya lho, saya juga berkesan spt itu, *sambel*😀

      • lovetiffa
        November 12, 2011 at 12:31 AM

        pdhl kegiatan ttg peternakan

  3. November 9, 2011 at 5:36 AM

    haha… kirain gemuk itu bagus😀
    Ternyata mesti sesuai standar ya…🙂

  4. November 9, 2011 at 4:54 PM

    ya emang yang berlebihan itu gg baik, ayam terlalu gemuk juga kayaknya gg enak, apalagi aku yang kegemukan makin gg enak dilihat😛

  5. November 9, 2011 at 8:03 PM

    dulu pernah piara ayam,
    ada catering yang maunya ayam 3 kg, karena kegendutan ayamnya udah malas jalan he..he…

  6. November 10, 2011 at 10:52 AM

    Saya kira yang penting besar-besar sehingga beratnya banyak, ternyata ada pembatasan juga to

  7. November 11, 2011 at 4:41 AM

    Aku juga mengira judungnya ii berbahasa jawa, timbang sambel😆 (bhs Indonesia: dari pada sambel). Ternyata ayam juga ada sampelnya ya.
    OOT, kalua ada sambel aku minta sekalian ayam nya.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  8. November 11, 2011 at 4:50 AM

    aku jadi ngebayangin klo berat badan ayam lebih dari standard apa ayamnya suruh diet ya ihihihi…

  9. November 11, 2011 at 6:31 AM

    bener2 expert dibidang timbang hewan nih… mantab.

  10. November 11, 2011 at 2:51 PM

    ahay , nambah ilmu dan wawasan lagi kesini🙂
    jadi ngerti ternyata ada batasan2nya juga ttg berat ayam ya Masjier
    terimakasih utk share nya🙂
    salam

  11. November 12, 2011 at 4:32 PM

    kalau terlalu berat dicurigai juga. soalnya ada ayam-ayam yang sengaja digemuk2an.

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar sahabat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: